Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Sep 2020 17:09 WIB

TRAVEL NEWS

Pendaki... Tolong Jangan Kencing di Botol Lagi Ya!

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kencing dalam botol air mineral gunung Cikuray
Kencing dalam botol air mineral gunung Cikuray (Foto: yusuffaisaln/Instagram)
Jakarta -

Kebiasaan buruk pendaki yang kencing di botol air mineral terus berlanjut. Peristiwa itu terjadi di Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat.

Sekelompok pendaki melakukan operasi bersih gunung Cikuray. Mereka menemukan puluhan atau bahkan ratusan botol air mineral berisi air kencing.

"Operasi bersih gunung cikuray 2020. Satu kata buat manusia....," ujar akun @yusuffaisaln, salah satu pendaki.

Dalam unggahannya, yusuffaisaln mengunggah beberapa video dan foto. Di dalam video pertama memperlihatkan keindahan samudera awan di gunung Cikuray dan disusul dengan aksi bersih gunung.

Lalu, unggahan yusuffaisaln ini diunggah ulang oleh akun komunitas pendaki gunungindonesia. Akun ini menyampaikan imbauan agar para pendaki untuk tidak kencing lagi di dalam botol.

[Gambas:Instagram]

"Terima kasih untuk rekan-rekan atas kepedulian dan kerja kerasnya. Kepedulian dimulai dari diri sendiri dengan membawa turun sampah dan tidak kencing di dalam botol," sebut akun @gunungindonesia.

"Masa tega sih tempat seindah Gunung Cikuray dikotori sampah? Semoga oknum pendaki yang masih suka nyampah dan kencing dibotol lekas sadar akan perbuatannya," imbuh dia.

"Ke manapun gunung yang akan dikunjungi sudah menjadi kewajiban pendaki untuk menjaga kebersihan dan kelestariannya. Yuk bisa yuk!" tegas gunungindonesia.

Kebiasaan pendaki kencing di botol air mineral terjadi hampir di seluruh gunung di Indonesia, apa lagi gunung-gunung yang padat kunjungan. Apa alasannya?

Ada pendaki yang percaya bahwa jangan kencing sembarangan karena lokasinya dianggap angker atau sakral. Tapi alangkah baiknya, menurut penulis, tetap kencing seperti biasa dengan didahului berdoa atau meminta izin.

Jadi, jangan kencing di botol dan meninggalkannya di dalam semak-semak ya!



Simak Video "Petugas Evakuasi Pendaki Meninggal Dunia di Gunung Bawakaraeng"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA