Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Sep 2020 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Wisatawan Positif Corona, Pantai Karang Jahe Ditutup Lagi

Arif Syaefudin
detikTravel
Pantai Karangjahe, Rembang
Pantai Karangjahe di Rembang ditutup lagi. (Arif Syaefudin/detikTravel)
Rembang -

Objek pariwisata Pantai Karang Jahe yang berada di Desa Punjulharjo, Kecamatan kota Rembang kembali ditutup sementara. Padahal, objek tersebut sempat dibuka selama sebulan, sejak tanggal 1 Agustus 2020.

Wakil Direktur BUMDes Abimantrana Desa Punjulharjo, Aang Khoirudin, mengatakan objek wisata Pantai Karang Jahe ditutup mulai tanggal 7 sampai 11 September 2020. Itu akibat adanya salah seorang wisatawan yang positif COVID-19.

"Sementara Pantai Karang Jahe ditutup. Mulai hari ini sampai hari Jumat besok. Ada seorang pelaku wisata yang positif Corona," kata Aang kepada detikcom melalui sambungan telepon, Senin (7/9/2020).

Aang menyebut, penutupan sementara objek wisata setempat berdasarkan dengan surat edaran yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang tertanggal 2 September lalu.

"Pandemi kemarin, kita tutup. Kemudian mulai operasional kembali tanggal 7 Agustus tentunya menerapkan protokol kesehatan, karena new normal. Di masa kedaruratan kesehatan masyarakat terhadap COVID-19, seorang pelaku wisata KJB positif, kami putuskan untuk menutup sementara, harap maklum bagi masyarakat utamanya wisatawan," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Rembang merelaksasi kebijakan penutupan objek wisata di tengah pandemi COVID-19. Sejumlah objek wisata pun langsung tancap gas buka lagi dan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk salah satunya, Pantai Karang Jahe.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Purwono, menyebut tak hanya Pantai Karang Jahe, ada pula destinasi wisata yang sedang simulasi untuk dibuka lagi namun kemudian dibatalkan.

"Jadi sesuai SE, bilamana ada destinasi wisata yang warganya terpapar COVID, maka harus ditutup. Pantai Karang Jahe saat ini ditutup sementara. Ada juga, wisata di Desa Karasgede, baru simulasi untuk pembukaan tapi belum sempat dilakukan, ada warga setempat yang terpapar sehingga dibatalkan, dan benar-benar ditutup," kata dia.



Simak Video "11 Jam Lebih Damkar Berjibaku Padamkan Kebakaran Toko di Rembang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA