Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Sep 2020 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Korea Terpuruk, Kondisi Terparah dalam 17 Tahun

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi Wisata Korea
Foto: (iStock)
Jakarta -

Pendapatan pariwisata Korea Selatan mencapai level terendahnya dalam 17 tahun terakhir. Itu terjadi karena kasus Corona kembali meningkat di sana.

Dilansir dari Korea Herald, untuk periode April-Juni 2020, Korea Selatan hanya mampu mengumpulkan pendapatan pariwisata sebesar USD 1,19 miliar. Jumlah ini turun 78,6 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2019. Sebagai perbandingan, Korean Tourism Organization (KTO) melaporkan bahwa pada 2019, Korea Selatan mampu mengumpulkan pemasukan negara sebesar USD 5,57 dari pariwisata.

Kondisi penurunan pada kuartal II ini juga makin buruk sebab pendapatan pariwisata juga sudah menurun tiga bulan sebelumnya. Kala itu pendapatan jatuh 65,6 persen dari USD 3,46 miliar.

Kondisi ini disebut menjadi yang terparah sejak 2003. Saat itu, Negeri Ginseng hanya mampu mengumpulkan USD 1,1 miliar.

Kondisi yang dialami Korea Selatan ini merupakan akibat dari ditutupnya akses sejumlah negara untuk mencegah penyebaran Corona. Selain itu, kebijakan karantina 14 hari juga menurunkan minat turis berwisata.

Sebagaimana diketahui, Korea Selatan termasuk negara yang amat bergantung pada pasar turis mancanegara. Salah satu daya tarik yang ditawarkan adalah Hallyu yang menyumbang 55,3 persen dari total wisatawan yang datang ke sana.

Salah satu produk Hallyu adalah K-Pop. Biasanya turis akan datang untuk menonton konser dan berbagai acara terkait K-Pop. Tapi, dengan adanya Corona ini, acara-acara tersebut ditiadakan.

Sebagai akibatnya, terjadi penurunan jumlah kunjungan turis asing. Pada kuartal II 2019, turis asing yang masuk ke Korea Selatan berjumlah 4,6 juta orang. Namun kini jumlahnya hanya 970 ribu.

Belanja turis di Korea Selatan juga rendah, yaitu USD 1,7 miliar. Jumlah tersebut turun 76,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Imbasnya, defisit pada sektor wisata Korea Selatan sebesar USD 510 juta untuk periode April-Juni.



Simak Video "Korea Selatan akan Denda Orang yang Tak Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA