Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Sep 2020 16:27 WIB

TRAVEL NEWS

Hutan Hujan Tropis: Pengertian, Ciri-ciri, dan Manfaat

Puti Yasmin
detikTravel
Hutan hujan tropis di Kosta Rika
Foto: CNN/Hutan Hujan Tropis: Pengertian, Ciri-ciri, dan Manfaat
Jakarta -

Hutan hujan tropis berada di sebagian wilayah Indonesia. Sebab, hutan ini membentang di daerah tropis hingga subtropis dengan garis lintang 10°LU - 10°LS dan rata-rata suhu berkisar 23° - 31° celsius.

Selain di Indonesia, hutan yang juga dikenal dengan nama hutan basah ini banyak berada di daerah aliran sungai Amazon-Orinoco, Amerika Tengah, Asia Tenggara, Papua Nugini, dan Kongo, Afrika. Hutan ini punya sumbangan sangat penting bagi ekosistem global.

Hutan hujan tropis di Kosta RikaHutan Hujan Tropis: Pengertian, Ciri-ciri, dan Manfaat Foto: CNN

Berikut fakta-fakta hutan hujan tropis:

Pengertian Hutan Hujan Tropis

Dikutip dari buku 'Geografi' terbitan Quadra, hutan hujan tropis adalah bioma yang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan yang paling tinggi. Curah hujan sepanjang tahun cukup.

Selain itu, sinar matahari juga selalu ada di daerah ini sehingga membuat pohon tumbuh tinggi dan lebat. Ketinggian pohon di hutan hujan tropis bisa mencapai 50 meter.

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis

Ada empat ciri utama hutan hujan tropis, pertama adalah curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, antara 200 - 225 cm per tahun. Kemudian, matahari bersinar sepanjang tahun, lalu dari bulan satu ke bulan yang lain perubahan suhunya relatif kecil.

Bioma hutan hujan tropis dibagi menjadi empat lapisan utama, yakni tajuk puncak, tudung, tajuk menengah, dan dasar hutan. Daerah di bawah kanopi atau tudung payung gelap sepanjang hari sehingga tidak ada perubahan suhu antara siang dan malam hari.

Manfaat Hutan Hujan Tropis

Secara umum, hutan memiliki manfaat bagi kehidupan manusia yakni memproduksi oksigen. Selain itu, hutan juga menjadi tempat penyimpanan dan mengatur air, mencegah erosi dan menyuburkan tanah, serta menghasilkan bahan mentah untuk industri serta bangunan.


Flora dan Fauna Hutan Hujan Tropis

Jenis flora dan fauna di hutan ini berbeda dengan yang lain. Tercatat lebih dari 3.000 spesies flora hidup dalam hutan hujan tropis. Biasanya flora yang ditemukan adalah yang menempel pada tumbuhan (flora epifit), jamur (cendawan), lumut, anggrek, dan rotan. Sementara itu, jenis fauna di hutan hujan tropis, seperti burung, mamalia, monyet, hingga kupu-kupu.

Selamat belajar!



Simak Video "KPK Soroti Kerusakan Hutan, Negara Rugi Rp 35 Triliun Per Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA