Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Sep 2020 18:49 WIB

TRAVEL NEWS

Maaf, Wisata Air di Magelang Belum Buka

Eko Susanto
detikTravel
Rafting di Kali Elo
Arung jeram di Sungai Ello (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Magelang -

Pemkab Magelang belum memberikan izin pembukaan kembali destinasi wisata air. Hal ini tercantum dalam Instruksi Gubernur Jawa Tengah yang menyatakan bahwa wisata air belum diizinkan untuk buka.

Untuk di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, totalnya ada sebanyak 210 daya tarik wisata (DTW). Dari 210 daya tarik wisata tersebut yang telah buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan ada 35 destinasi. Sedangkan untuk wisata air sampai saat ini, Pemkab Magelang belum memberikan izin untuk dibuka kembali.

"Jumlah daya tarik wisata jumlahnya 210. Sampai saat ini baru 35 daya tarik wisata yang secara resmi telah diizinkan melalui gugus tugas yang ada di Kabupaten Magelang," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso saat konferensi pers penanganan COVID-19 di Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (9/9/2020).

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Iwan SutiarsoPlt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Khusus wisata air, kata Iwan, belum diizinkan beroperasi sesuai dengan Instruksi Gubernur No 2 tahun 2020 tentang pedoman bagi masyarakat dalam persiapan menuju pemulihan bencana COVID-19 di Jawa Tengah. Keberadaan Instruksi Gubernur tersebut belum dicabut, untuk masih berlaku sehingga wisata air belum diizinkan beroperasi kembali.

"Sampai saat ini belum diizinkan beroperasi karena sesuai dengan Instruksi Gubernur No 2 tahun 2020 tentang pedoman bagi masyarakat dalam persiapan menuju pemulihan bencana COVID-19 di Jawa Tengah, belum dicabut. Artinya wisata air memang belum diizinkan yaitu kolam renang, waterboom, pemandian air hangat, umbul, arung jeram dan wahana air yang memiliki kontak langsung, sampai saat ini belum diizinkan," katanya.

Iwan menambahkan, destinasi wisata di Kabupaten Magelang yang sudah buka kembali sampai saat ini ada 35 lokasi. Mereka yang buka kembali ini telah mendapatkan izin dari gugus tugas, kemudian sudah melakukan simulasi minimal dua kali.

"Hanya 35 destinasi karena yang memang siap untuk buka sesuai dengan tujuh prinsip dasar baru itu. Kami terus mendorong, bahwa mereka yang siap. Jadi kami sangat hati-hati, kita harus matang untuk daya tarik wisata ini, mereka yang siap, mereka yang siap dengan SOP-nya, siap melakukan simulasi minimal dua kali, melakukan uji coba, mereka baru boleh diizinkan untuk buka. Terus secara berkala kami lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala," katanya.

Sementara itu, Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, ada beberapa destinasi wisata yang sudah buka kembali, kecuali wisata air yang belum diizinkan buka kembali. Untuk destinasi wisata yang diizinkan buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ada beberapa destinasi wisata di wilayah Kabupaten Magelang yang sudah diberikan izin. Hanya dikecualikan untuk wisata-wisata air ini memang belum diperbolehkan untuk melakukan aktivitas di saat pandemi COVID-19 sehingga kita belum memberikan izin itu untuk aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan wisata air, di luar wisata air diberikan izin, tapi dalam jumlah terbatas," kata Zaenal.



Simak Video "Rekonstruksi Pacar Bunuh Wanita di Kebun Tebu Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA