Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Sep 2020 12:01 WIB

TRAVEL NEWS

DKI Jakarta Akan PSBB Darurat, Kereta Api Jalan Terus

Femi Diah
detikTravel
Masinis harus bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19. Yuk lihat cara kerja masinis di tengah pancemi COVID-19.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menerapkan PSBB darurat mulai pekan depan. Termasuk, membatasi keluar masuk orang dari Jakarta. Bagaimana dengan kereta api?

Anies menyebut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) darurat untuk menekan laju penularan virus Corona itu berlaku mulai 14 September.Di antara sektor ekonomi yang ada, cuma ada 11 bidang usaha yang diizinkan untuk tetap beroperasi.

Bahkan, Anies meminta selain 11 bidang itu, operasional usaha dilakukan dari rumah atau work from home (WFH). Ke-11 bidang usaha itu adalah kesehatan, bahan pangan/makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu, dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Beberapa hari ke depan, Pemprov DKI Jakarta bakal mematangkan detail aturan PSBB itu.

"Lalu, transportasi umum akan kembali dibatasi secara ketat jumlahnya dan jamnya," kata Anies.

Berkaca PSBB periode awal DKI Jakarta, PT Kereta Api Indonesia (KAI) turut menyetop operasional kereta jarak jauh. Dalam prosesnya, PT KAI menjalankan kereta api luar biasa hingga kemudian kereta api reguler pada masa PSBB transisi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebut belum ada rencana perubahan operasional kereta api dari dan ke Jakarta hingga saat ini.

"Saat ini perjalanan Kereta Api di wilayah DKI Jakarta belum ada perubahan jadwal operasional. Masih beroperasi seperti biasa, dengan penerapan protokol kesehatan ketat yang telah ditetapkan," kata Joni yang dihubungi detikTravel, Kamis (10/9/2020).

Joni juga bakal berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan operasional kereta api setelah PSBB DKI Jakarta diterapkan.

"Kami akan menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait, tentang pengaturan transportasi kereta api pada saat PSBB kembali diterapkan di DKI Jakarta," kata dia.

"KAI selalu berkomitmen untuk mendukung segala upaya pencegahan penyebaran COVID-19," Joni menegaskan.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA