Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Sep 2020 16:00 WIB

TRAVEL NEWS

Jakarta PSBB Lagi, Karyawan Hotel Sedih dan Galau

Putu Intan
detikTravel
Persiapan menuju new normal juga dilakukan oleh sejumlah hotel di Indonesia. Penerapan protokol kesehatan terus dilakukan guna cegah penyebaran virus Corona.
Ilustrasi karyawan hotel Foto: Antara Foto
Jakarta -

Karyawan hotel dilanda kegalauan menjelang diberlakukannya PSBB Jakarta mulai Senin depan. Kekhawatiran akan pengurangan karyawan itu kembali menyeruak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengumumkan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan kembali diberlakukan mulai 14 September 2020. Terdapat sejumlah kebijakan terkait sektor pariwisata yang ia keluarkan, antara lain menutup tempat hiburan namun tetap mengizinkan hotel dan restoran tetap buka.

Kendati hotel tetap beroperasi, penurunan okupansi dinilai akan tetap terjadi karena mobilitas orang menjadi terbatas ke Jakarta. Ketika hotel sepi, hal ini kemudian diprediksi akan berdampak pula pada karyawan hotel.

Ketua Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Jakarta, Krishnadi mengungkapkan pengurangan karyawan dapat terjadi. Namun sistemnya berbeda-beda, tergantung pada kondisi dan kebijakan setiap hotel.

"Macam-macam model. Ada yang pengurangan jumlah misalnya dari 100 menjadi 75. Kombinasi pengurangan dengan gaji dibayar 50 persen atau masuknya bergantian yang buntutnya adalah take home pay-nya (penghasilan yang dibawa ke rumah) berkurang,"ujar Krishnadi kepada detikcom.

Berbagai model itu sudah diterapkan pada saat PSBB Jakarta sebelumnya. Krishnadi juga mengungkapkan, beberapa karyawan yang tidak setuju dengan kebijakan hotel memilih untuk keluar dan bekerja di perusahaan lain. Akan tetapi dengan kondisi krisis seperti ini, lapangan kerja yang tersedia juga terbatas. Akibatnya, mau tidak mau karyawan bertahan dengan kebijakan yang ada.

"Karyawan merasa sedih dan galau juga karena mereka akan menerima less income (gaji yang kecil),"kata Krishnadi.

Namun Krishnadi memastikan bahwa hotel-hotel di Jakarta akan mengikuti aturan yang diberlakukan pemerintah. Mereka sudah siap menjalankan bisnis seperti PSBB sebelumnya. Hanya, ia berharap bahwa pemerintah juga dapat tegas menangani Corona agar kondisi ini tak terjadi berkepanjangan.

"Saya minta satu, tindakan tegas bagi mereka yang kedapatan dimanapun juga yang tidak mematuhi protokol kesehatan," ujar Krishnadi.



Simak Video "Sarapan Nikmat dengan 30 Hidangan di Hotel Bintang 4 Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA