Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Sep 2020 21:02 WIB

TRAVEL NEWS

Mau ke Kawah Ijen? Ketahui Aturan Terbarunya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kawah Ijen
Ilustrasi Kawah Ijen (shutterstock)
Banyuwangi -

Kawah Ijen menjadi destinasi favorit wisatawan saat liburan ke Banyuwangi di Jawa Timur. Namun, kini ada aturan baru untuk berkunjung ke sana.

Ada sejumlah aturan baru untuk berkunjung ke Kawah Ijen di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Dilihat detikTravel dari laman Instagram resminya, Rabu (16/9/2020), ada beberapa hal baru yang perlu diketahui traveler.

Yang pertama adalah terkait pemesanan atau pembelian tiket masuk ke TWA Kawah Ijen yang hanya dapat diakses secara online via laman web https://tiket.bbksdajatim.org.

[Gambas:Instagram]



Dalam situs tersebut, calon pengunjung harus mengisi data dan nama lengkap sesuai dengan yang tertera di KTP. Setibanya di lokasi, KTP asli juga tetap wajib ditunjukkan ke petugas.

Yang tak kalah penting, pastikan kamu memastikan perihal tanggal pendakian. Apabila salah reservasi tanggal, tidak ada refund mau pun perubahan jadwal.

Sedangkan untuk pembayaran tiketnya, traveler diminta untuk mentransfer ke virtual account TWA Kawah Ijen. Aturan ini diketahui baru akan berlaku per tanggal 1 Oktober 2020.

Selama bulan September ini, sistem pembayaran masih dapat dilakukan on the spot di lokasi atau via transfer bank.

Selain itu, para petugas di TWA Kawah Ijen sudah melakukan rapid test sebelum menerima wisatawan. Mereka nantinya akan bertugas melakukan pengecekan suhu tubuh, pengecekan perlengkapan protokol kesehatan dan pengawasan cuci tangan.

Tak hanya itu, warung dan pedagang yang ada di Paltuding Ijen juga sudah menerapkan protokol kesehatan serta penerapan physical distancing di kursi konsumen.

Selain itu, dalam sehari, TWA Kawah Ijen memberlakukan kunjungan hanya 225 wisatawan. Hal itu dilakukan terkait social distancing di kawasan TWA Kawah Ijen.



Simak Video "Jelajahi Alam Indah yang Biasa untuk Sport Tourism"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA