Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Sep 2020 20:06 WIB

TRAVEL NEWS

Seberapa Aman Maskapai Indonesia dari COVID-19?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
This illustration picture taken on November 15, 2019 shows the logo of a Garuda Indonesia Airbus A330 aircraft parked on the tarmac at the Airbus delivery center in Colomiers, southwestern France. (Photo by PASCAL PAVANI / AFP)
Ilustrasi Garuda Indonesia (AFP/PASCAL PAVANI)
Jakarta -

Safe Travel Barometer kembali merilis peringkat keamanan maskapai dari COVID-19. Bagaimana dengan maskapai dari Indonesia? Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, protokol kesehatan menjadi syarat utama yang harus dimiliki setiap stakeholder pariwisata. Tak terkecuali industri penerbangan.

Lembaga global Safe Travel Barometer pun rutin mengevaluasi kesiapan para stakeholder industri penerbangan terkait protokol kesehatan, seperti kegiatan pengukuran suhu, kewajiban menggunakan masker dan lainnya.

Dilihat detikTravel, Kamis (17/9/2020). ada sejumlah maskapai besar Indonesia yang masuk ke dalam survei dari Safe Travel Barometer. Di mana masing-masing memiliki skor yang berbeda dari jumlah skor sempurna (5).

Bandara yang aman dari COVID-19Bandara yang aman dari COVID-19 Foto: Safe Travel Barometer

Berikut nama maskapai beserta skornya terkait kesiapan protokol kesehatan di atas pesawat:

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia meraih skor 3,42 atau salah satu yang tertinggi di antara maskapai Indonesia. Maskapai pelat merah ini diketahui telah menerapkan pengecekan suhu, penggunaan masker, hand sanitizer serta dokumen kesehatan sebagai syarat yang harus dilakukan.

2. AirAsia Indonesia

Seperti Garuda Indonesia, maskapai AirAsia Indonesia juga meraih skor yang cukup baik terkait kesiapan protokol kesehatan dengan skor 3,52 atau di atas Garuda Indonesia.

3. Citilink Indonesia

Kemudian ada maskapai Citilink Indonesia yang meraih skor 3,19 atau menengah. Sejumlah persyaratan protokol kesehatan juga telah dipenuhi oleh maskapai adik Garuda Indonesia ini.

4. Batik Air Indonesia

Ada juga maskapai Batik Air dalam survei Safe Travel Barometer dengan perolehan skor 2,47 atau di bawah menengah. Maskapai ini disebut telah melengkapi syarat wajib memakai masker, hand sanitizer serta dokumen kesehatan. Namun, disebut belum menyertakan pengukuran suhu dalam datanya.

5. Lion Air Indonesia

Terakhir ada maskapai Lion Air Indonesia dengan skor 2,18 atau yang terendah dari semua maskapai. Menurut Safe Travel Barometer, Lion Air belum menerapkan pengukuran suhu serta kewajiban mengisi dokumen kesehatan bagi penumpangnya.

Itulah sejumlah maskapai Indonesia yang telah masuk ke dalam survei global Safe Travel Barometer. Sekiranya bisa menjadi rujukan bagi para traveler sekalian.



Simak Video "Melihat Penampakan Pesawat Garuda Indonesia Kenakan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA