Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 12:29 WIB

TRAVEL NEWS

Dune Hingga Star Wars, Ini Film yang Syuting di Gurun Wadi Rum

Putu Intan
detikTravel
Wadi Rum also known as The Valley of the Moon is a valley cut into the sandstone and granite rock in southern Jordan 60 km (37 mi) to the east of Aqaba; it is the largest wadi in Jordan. The name Rum most likely comes from an Aramaic root meaning high or elevated. The area is now one of Jordans important tourist destinations, and attracts an increasing number of foreign tourists, particularly trekkers and climbers, but also for camel and horse safari or simply day-trippers from Aqaba or Petra.
Wadi Rum di Yordania. (Foto: iStock)
Jakarta -

Gurun Wadi Rum di Yordania memang terkenal akan keindahannya. Gurun ini bahkan menjadi latar film-film top seperti Star Wars hingga yang terbaru Dune.

Wadi Rum sendiri merupakan gurun yang terletak di Kota Aqaba, dekat Petra. Gurun seluas 720 kilometer persegi ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak 2011.

Wadi Rum kerap dibilang mirip dengan Mars akibat tanahnya yang berwarna merah. Karena keunikannya ini, Wadi Rum dipilih sebagai tempat syuting untuk film-film bergenre fiksi ilmiah dan perang.

Wadi Rum di YordaniaWadi Rum di Yordania. Foto: (Thinsktock)

Nah, apa saja sih film yang pernah menggunakan Wadi Rum sebagai latarnya? Dirangkum dari Matador Network, inilah 5 film tersebut.

1. Lawrence of Arabia (1962)

Film terlawas yang pernah syuting di Wadi Rum adalah Lawrence of Arabia. Film yang disutradarai David Lean ini mengisahkan tentang kehidupan Thomas Edward Lawrence atau T. R Lawrence, seorang Letnan Angkatan Darat Inggris yang ditugaskan menjadi intelijen. Lawrence dikenal sebagai sosok yang mendorong revolusi Arab melawan kekaisaran Ottoman pada Perang Dunia I.

Dalam film itu, Lawrence digambarkan menjelajahi Wadi Rum. Karena kesuksesan film itu, pariwisata Yordania pun menjadi terangkat. Banyak orang mulai mengenal Wadi Rum melalui film yang menyabet 10 piala Oscar itu.

2. Promotheus (2012)

Promotheus adalah film bergenre fiksi ilmiah yang merupakan prekuel dari film Alien. Dalam film tersebut, Wadi Rum disulap menjadi planet yang disebut LV-223. Uniknya, dalam film ini kejayaan Wadi Rum juga ditonjolkan lewat adegan tokoh Artificial Intelligence (AI) bernama David yang berulang kali menonton Lawrence of Arabia.

3. The Martian (2015)

The Martian termasuk yang sukses menggambarkan Mars lewat Wadi Rum. Film ini dimulai dengan penggambaran pemandangan Mars yang sebenarnya merupakan gurun di Yordania.

Film ini diperankan oleh Matt Damon sebagai Mark Watney yang merupakan tokoh utama dalam film fiksi ilmiah ini. Watney terpisah dari tim NASA dan akhirnya ditinggalkan di Mars. Watney pun bertekad untuk bertahan hidup di padang tandus itu.

Sejak The Martian dirilis, Wadi Rum jadi makin tenar sebagai tempat wisata. Di sana terdapat tur unik yang terinspirasi dari film tersebut. Pesertanya dapat merasakan seolah terisolasi di Mars dan menyaksikan betapa luasnya gurun tersebut.

4. Rogue One: A Star Wars Story (2016) dan Star Wars: Rise of Skywalker (2019)

Wadi Rum juga makin mendunia lewat film Star Wars. Untuk Rise of Skywalker, Wadi Rum menjadi lokasi planet gurun Pasaana. Kemudian pada Rogue One, Wadi Rum berubah menjadi bulan kecil yang dingin bernama Jedha.

5. Dune (2020)

Dune merupakan film yang diangkat dari buku karya Frans Herbert. Film ini mengambil latar Wadi Rum yang diubah menjadi planet Arrakis.

Film yang bakal rilis 18 Desember 2020 itu bercerita tentang pemuda bernama Paul Atreides yang punya bakat memimpikan masa depan. Mimpinya itu membawanya ke Arrakis untuk mendapatkan rempah-rempah. Nantinya, keluarga Paul akan berperang dengan penduduk asli Arrakis. Kemudian mereka juga akan berhadapan dengan cacing pasir Arrakis yang membuat film ini makin menegangkan.



Simak Video "Erric Manibuy, Dokter yang Viral karena Pakai APD 'Superhero'"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA