Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Sep 2020 05:48 WIB

TRAVEL NEWS

Kasus COVID-19 Tinggi, Kolombia Bakal Buka Penerbangan Internasional

Femi Diah
detikTravel
Wisata Kolombia
Kolombia Foto: (iStock)
Bogota -

Kendati terdaftar sebagai enam besar kasus virus Corona tertinggi di dunia, Kolombia berencana untuk membuka gerbang perbatasan. Penerbangan internasional beroperasi lagi beberapa hari ke depan.

Kolombia mencatatkan 716.319 kasus virus Corona dari 49 juta penduduknya. Salah satu negara di Amerika Selatan itu pun mengisi peringkat keenam kasus COVID-19 tertinggi sejagat.

Angka itu tak membuat pemerintah Kolombia mengerem turis asing masuk. Merujuk Reuters, Sabtu (19/9/2020), Menteri Transportasi Kolombia Angela Maria Orozco mengumumkan akan membuka penerbangan mulai 21 September.

Sebelumnya, pada 11 September, penerbangan domestik sudah beroperasi. Juga penerbangan internasional namun terbatas hanya untuk tugas kemanusiaan, warga negara, dan diplomatik. Mereka yang datang ke Kolombia diminta untuk menjalani karantina selama 14 hari dan menunjukkan formulir imigrasi dan kontrol kesehatan.

Saat ini, penerbangan internasional Kolombia memang mati suri. sejak Maret 2020, penerbangan internasional dihentikan untuk mencegah penularan virus Corona. Tak cuma perbatasan udara, perbatasan darat dan laut juga Kolombia juga ditutup sejak Maret.


Kendati telah menyebut tanggal restart penerbangan internasional, pemerintah Kolombia belum memastikan detail proses dan jadwalnya. Orozco bilang penerbangan fase pertama akan dibuka secara bertahap dengan waktunya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Orozco menyebut negara tujuan, kapasitas bandara, dan minat maskapai akan berperan dalam memulai penerbangan. Merujuk pernyataan Presiden Kolombia Ivan Duque Marquez sebelumnya mengumumkan akan membuka 15 bandara pada September ini.

Pembukaan penerbangan udara pada 21 September itu menjadi gerbang masuk pertama ke Kolombia. Batas negara untuk darat dan laut baru akan dibuka mulai 1 Oktober.

Merujuk informasi dari situs lokal Semana rute penerbangan internasional yang pertama bakal dibuka adalah dari dan ke Miami, Fort Lauderdale dengan Spiriti Airlines. Rute itu sudah bisa dipesan dipesan untuk keberangkatan 19 September dan kembali mulai 26 September.

Kabar lain menyebutkan turis dari Meksiko, Amerika Serikat, Brasil, Ekuador, Republik Dominika, Australia dan Inggris yang diizinkan untuk masuk Kolombia.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA