Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 23:47 WIB

TRAVEL NEWS

9 Kunci Dasar Ukulele yang Wajib Kamu Ketahui

Rosmha Widiyani
detikTravel
Peserta Hijab Hunt 2018 memamerkan kebolehan bermain ukulele
Peserta Hijab Hunt 2018 memamerkan kebolehan bermain ukulele (Foto: 20detik)
Jakarta -

Ukulele atau gitar kecil mungkin menjadi salah satu alat musik praktis yang mudah dibawa tiap saat. Dikutip dari situs ukuguides, ukulele berukuran 20 inci atau sekitar 51 sentimeter dengan empat senar.

Alat musik ukulele yang dalam bahasa Hawaii artinya adalah kutu loncat ditemukan sekitar tahun 1879 di wilayah tersebut. Sejarah ukulele berawal dari perjalanan imigran Portugis pada 1878 hingga 1913, yang akan pergi ke Hawaii melalui Afrika Selatan.

Dikutip dari situs Jakarta Tourism, ukulele mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1880. Ukulele sempat dibawa ke Ambon, Makassar, hingga menjadi alat musik utama Keroncong di Kampung Toegoe Cilincing, Jakarta Utara.

Memainkan ukulele sebetulnya tidak sulit, meski bukan hal sederhana dan perlu latihan untuk meningkatkan kemampuan. Ukulele punya sekitar 180 kunci utama atau main chords, namun bisa disederhanakan menjadi 21 untuk memudahkan cara mempelajarinya.

Berikut 9 kunci dasar ukulele yang wajib kamu ketahui:

1. Major chords

Ukulele mempunyai 7 kunci utama atau major chords yang terdiri atas A, B, C, D, E, F, dan G. Kunci B dan E mungkin agak sulit dipelajari namun dengan sering latihan keduanya bisa dimainkan dengan mudah. Sama seperti major chords yang lain, kunci B dan E kerap digunakan dalam berbagai komposisi lagu. Berikut kunci A, B, dan C major chords

ukulele major chordsukulele major chords Foto: ukuguides

2. Minor chords

Setelah major chords, berikutnya adalah minor chords dengan tujuh kunci dasar ukulele. Minor chords memberi rasa yang lebih dekat dari lagu kepada para pendengarnya. Berbeda dengan major chords yang membuat lagy terasa lebih cepat (uptempo) dan menyenangkan. Untuk mempelajari kunci dasar ukulele minor chords berikut contohnya untuk Am, Bm, Cm

ukulele minor chordsukulele minor chords Foto: ukuguides

3. Seventh chords

Pendapat tiap orang sebetulnya beda terkait seventh chords sebagai kunci dasar ukulele. Tujuh kunci seventh chords ini dianggap kerap dianggap sulit sehingga tidak menjadi bagian dari kunci dasar. Namun seventh chords memberi rasa groovy funky dan kerap dimainkan pada lagu jazz, soul, dan uptown. Mempelajari seventh chords memudahkan improvisasi dan mengubah lagu menjadi lebih menyenangkan. Berikut contoh seventh chords ukulele untuk A7, B7, dan C7.

ukulele seventh chordsukulele seventh chords Foto: ukuguides


Simak Video "Sejarah Kampung Tugu, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA