Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Sep 2020 21:11 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Gurun Terluas di Dunia Lengkap, Ada yang Melebihi Daratan Indonesia

Puti Yasmin
detikTravel
gurun
Foto: (iStock)/Daftar Gurun Terluas di Dunia Lengkap, Ada yang Melebihi Daratan Indonesia
Jakarta -

Diperkirakan sepertiga dari luas daratan di bumi ini terdiri atas kawasan kering dan tandus yang disebut dengan gurun. Terdapat beberapa negara yang dianugerahi gurun di wilayahnya. Bahkan, di antaranya ada yang luasnya melebihi luas daratan Indonesia. Apa saja?

Dikutip dari buku 'Siap Menghadapi Ujian Nasional' terbitan Grasindo, gurun merupakan daerah yang curah hujannya sangat rendah, yakni 250 mm per tahun. Biasanya, gurun berada di tengah sebuah benua karena sebagian besar merupakan daerah bayangan hujan sehingga gurun sangat kering.

Karakteristik flora gurun juga dipenuhi dengan magetherma, yakni tumbuhan berdaun kecil seperti duri, berakar panjang, serta dapat menyimpan air dalam jaringan spon. Sementara, fauna gurun yang identik, yakni kadal.

Berikut daftar gurun terluas di dunia:

1. Gurun Sahara

Gurun di benua Afrika, Sahara menjadi gurun terluas di dunia pertama. Bahkan, luasnya mencapai lebih dari daratan Indonesia, yakni 9,2 juta km². Sedangkan, daratan Indonesia hanya seluas 1,9 juta km².

Sahara berada di Afrika bagian Utara. Gurun ini membentang dari Senegal di Barat hingga negara Kenya di bagian Timur.

2. Gurun Arabia

Gurun terluas di benua Asia adalah Arabia dengan luas mencapai 2,33 juta km². Gurun ini terletak di Asia Barat, tepatnya berada di semenanjung Arab dari Yaman hingga Teluk Persia dan juga dari Oman hingga Yordania serta Irak.

3. Gurun Gobi

Gurun Gobi terletak di daratan China dan Mongolia. Luas gurun ini mencapai 1,29 juta km². Walaupun memiliki suhu yang ekstrem, lokasi ini juga sering dijadikan tempat wisata karena keindahannya.

4. Gurun Kalahari

Gurun Kalahari memiliki luas mencapai 930 ribu km². Uniknya, gurun yang terletak di Benua Afrika ini terbagi menjadi dua wilayah yang mana turun hujan akan tumbuh padang rumput.

5. Gurun Patagonia

Gurun Patagonia yang juga dikenal dengan nama Stepa patagonia terletak di Amerika Selatan, tepatnya di negara Argentina. Gurun ini memiliki luas mencapai 673 ribu km² sehingga menjadi salah satu gurun terluas di dunia



Simak Video "Belalang Gurun Serbu India, Serangan Terburuk dalam 30 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA