Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Sep 2020 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

PSBB yang Makin Perpanjang Libur JungleLand

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Taman rekreasi di Sentul, Bogor
Ilustrasi pintu masuk JungleLand (Johanes Randy/detikTravel)
Bogor -

Ramai cuitan pekerja JungleLand yang mengadu ke laman Instagram Nia Ramadhani. Faktanya, operasional taman rekreasi itu makin tak jelas akibat PSBB.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (25/9/2020), awal keramaian itu berasal dari komentar @rizaldinaldianputra di akun Instagram Nia Ramadhani. Diketahui, Rizal merupakan salah satu karyawan di JungleLand.

"Mbak sangat kaya sekali. Mbak tolong kash tau ke keluarga besar bakrie kalo kita jungleland blum di gaji ini selama 6 bulan menunggu belum di bayar juga.. tapi mbak terlihat menawan atas kekayaan itu.. smga bisa tersampaikan," tulis akun @rizaldinaldianputra di akun Instagram Nia Ramadhani.

Komentar Rizal 2 hari yang lalu sudah direspons sekitar 800 netizen lainnya. Karyawan berusaha menghubungi pengelola tempat wisata itu lewat Nia Ramadhani yang merupakan istri dari Anindra Ardiansyah Bakrie (Ardi Bakrie).

Sementara itu mengutip CNBC Indonesia, Rizal mengonfirmasi bahwa dia dan karyawan lainnya hingga saat ini belum digaji. Dia bekerja di Grup JungleLand, tepatnya Jungle Adventure Theme. Sementara Nia belum merespons soal komentar-komentar panas netizen. Rizal menjelaskan dia dan teman-temannya bekerja dari Februari - Maret, itu real bekerja tetapi mereka tidak digaji.

"Lalu kita meeting akan terealisasikan katanya bulan April dibayarkan. Nah itu meleset tidak dibayarkan juga. Lalu ada meeting lagi. Katanya bulan September paling lambat akan dibayarkan," jelasnya.

"Sekarang sudah masuk September dan tanggal akhir juga. Jadi kita mendongkrak media sosial biar tidak gagal lagi dan parah BPJS Ketenagakerjaan dari tahun 2017 hingga 2020 itu tidak pernah disetorkan oleh perusahaan. Dan paling parah juga THR tahun kemaren kita juga tidak dibayarkan," ujarnya.

Nasib Rizal dan teman-temannya kian tak pasti, terlebih sampai saat ini JungleLand tak kunjung beroperasi kembali semenjak tutup sementara pada 20 Maret 2020 di awal masa PSBB. Hal itu kembali ditegaskan lewat unggahan terbaru pihak JungleLand di laman Instagramnya pada 10 September lalu.

"Mohon maaf! Kami masih tutup untuk membantu Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19," bunyi pernyataannya.

[Gambas:Instagram]



Diketahui, JungleLand masuk ke dalam wilayah Bogor, Jawa Barat. Saat ini, Bogor di bawah komando Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih menerapkan perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional bersama dengan sejumlah kota besar lainnya di Jawa Barat hingga 29 September 2020 atau Selasa mendatang.

Sedangkan jumlah tenaga kerja per Desember 2019 di JungleLand yakni sebanyak 901 orang, baik tetap dan tidak tetap. Sementara hingga 18 Agustus menjadi sebanyak 797 orang dengan jumlah PHK 104 karyawan.

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA