Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Sep 2020 19:05 WIB

TRAVEL NEWS

Letak dan Luas Indonesia, detikers Tahu Enggak?

Tim detikcom
detikTravel
DDieuland
Foto: Iis Maliya Dewi/d'Traveler/Letak dan Luas Indonesia, detikers Tahu Enggak?
Jakarta -

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Letak Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara dan negara ini termasuk negara paling luas di benua Asia.

Dilansir Sumber Belajar Kementerian Pendidikan Kemdikbud, letak Indonesia berdasarkan letak astronomisnya (titik koordinatnya) yaitu terletak di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Berdasarkan letak astronomis Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis.

Selain dilihat dari letak astronomis, suatu wilayah juga dilihat berdasarkan posisi atau letak sebenarnya di permukaan bumi atau letak geografis. Berdasarkan letak geografisnya Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Benua yang dimaksud adalah Asia dan Australia. Selain terletak di antara dua benua, Indonesia juga terletak di antara dua samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Karena letak geografisnya itu, Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah. Wilayah tersebut berupa wilayah suatu negara maupun wilayah samudra.

Batas wilayah Indonesia adalah sebagai berikut:

-Sebelah utara : Malaysia, Singapura, Filipina dan Laut Cina Selatan

-Sebelah Selatan : Timor Leste, Australia, Samudra Hindia

-Sebelah Barat : Samudra Hindia

-Sebelah Timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Keuntungan dari letak geografis Indonesia adalah dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia antara lain negara-negara Asia Timur dengan negara-negara di Eropa, Timur Tengah, dan India. Kapal-kapal dagang dari Jepang, China, dan negara Asia Timur lainnya yang menuju ke Eropa melalui Indonesia dan sebaliknya. Indonesia juga dilalui jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru.

Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Karena menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, maka bangsa Indonesia telah lama menjalin interaksi sosial dengan bangsa lain.

Selain interaksi dalam bidang perdagangan terjalin pula interaksi dalam bidang sosial dan budaya. Sehingga masuklah budaya asing ke Indonesia. Jika diperhatikan peta jalur perhubungan dunia, tampak banyak alternatif rute pelayaran dunia.

Jalur pelayaran tersebut melewati sejumlah selat di dunia. Walaupun tampak rumit, rute pelayaran utama pelayaran dunia relatif sederhana, yaitu menghubungkan Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka, dan Terusan Panama.

Indonesia juga dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama tersebut merupakan jalur pelayaran perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia. Indonesia berada di Benua Asia yang saat ini perkembangan ekonominya sangat cepat.

Dari penjelasan di atas, letak Indonesia strategis. Lalu berapakah luas wilayah Indonesia? Indonesia adalah salah satu negara terluas di dunia dengan total luas negara 5.193.250 km². Luas ini mencakup daratan dan lautan.

Sementara luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 km² terdiri dari 17.508 pulau. Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil dengan luas lautan sekitar 3.273.810 km². Lautan Indonesia memiliki batas 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif 200 mil.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA