Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Sep 2020 20:27 WIB

TRAVEL NEWS

Sejarah Alat Musik Sasando dari Pulau Rote dan Cara Memainkannya

Puti Yasmin
detikTravel
Sasando adalah alat musik khas Nusa Tenggara Timur. Yuk kita lihat proses pembuatan alat musik daerah ini.
Foto: Rachman Haryanto/Sejarah Alat Musik Sasando dari Pulau Rote dan Cara Memainkannya
Jakarta -

Setiap daerah tentu memiliki alat musik khas untuk dimainkan, termasuk dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Daerah ini memiliki alat musik bernama Sasando atau Sasandu.

Sasando sendiri dalam Rote berarti 'bergetar atau berbunyi'. Alat musik yang mirip dengan gitar ini diketahui mulai berkembang di abad ke-7.

Berikut sejarah alat musik Sasando dan cara memainkannya:

1. Sejarah Alat Musik Sasando

Alat musik Sasando terbuat dari bambu khusus yang membentuk tabung panjang. Ternyata di balik bentuknya yang unik terdapat sejarah menarik.

Salah satu kisah sejarah yang banyak berkembang di masyarakat mengenai Sasando berkaitan dengan pria bernama Sangguana. Dikisahkan, Sangguana jatuh cinta kepada seorang putri raja saat terdampar di pulau Ndana.

Hanya saja, sang Raja tidak bisa menerima Sangguana begitu saja. Ia pun memberikan syarat kepada Sangguana agar bisa diterima, yakni membuat alat musik yang berbeda dari alat musik lainnya.

Akhirnya Sangguana mendapatkan ilham dari mimpi, yakni memainkan alat musik yang indah serta bersuara merdu. Ia pun menciptakan Sasando untuk diberikan kepada sang Raja.

Raja yang melihat Sasando langsung terpukau hingga akhirnya memperbolehkan Sangguana menikah dengan putrinya.

2. Fungsi Alat Musik Sasando

Sasando berfungsi untuk mengiringi nyanyian, tari tradisional, upacara adat, hingga pertunjukan syair. Walaupun diciptakan di pulau Rote, Sasando juga berkembang di daerah lainnya, seperti Kupang.

Akibatnya, kini Sasando tak hanya dibuat dari bambu khusus. Tetapi di tahun 1960-an juga berkembang menjadi alat musik elektrik oleh pemain Sasando Edu Pah.

3. Cara Memainkannya Alat Musik Sasando

Untuk memainkannya Sasando, pemain hanya perlu memetik senar yang terdapat pada alat musik tersebut. Hanya saja tak seperti gitar, pemainnya harus menggunakan dua tangan yang berlawanan untuk memetiknya.

Tangan kanan akan berfungsi sebagai accord dan tangan kiri sebagai melodi atau bass. Untuk memainkannya, seseorang harus mempelajari beberapa teknik dari alat musik Sasando terlebih dahulu.

Selamat mencoba!



Simak Video "Uniknya Membuat Sasando, Kupang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA