Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Sep 2020 09:03 WIB

TRAVEL NEWS

Nikita Willy Kenakan Pakaian Adat Lampung, Ini Arti Siger Pepadun

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto Prewed Nikita Willy dan Indra Priawan
Foto: Nikita Willy/ Instagram
Jakarta -

Jelang hari pernikahan, artis Nikita Willy mengunggah foto prewedding dengan pakaian adat lampung. Termasuk juga Siger Pepadun yang sarat makna.

Dilihat detikTravel dari laman Instagram resminya, Senin (28/9/2020), kekasih sekaligus tunangan dari Indra Priawan itu mengunggah foto keduanya dalam balutan pakaian adat Lampung sebagai foto pre-weddingnya.

[Gambas:Instagram]



"Siger Pepadun," tulis Nikita Willy singkat di kolom komentarnya.

Di mata orang awam, tak sedikit yang memuji Nikita Willy dalam balutan pakaian adat tersebut. Hanya bagi orang Lampung, Siger Pepadun memiliki makna seni budaya yang mendalam.

Dilihat detikTravel dari jurnal Siger Sebagai Wujud Seni Budaya Pada Masyarakat Multietnik di Provinsi Lampung karya Deri Ciciria, Senin (28/9/2020), Siger menjadi simbol integrasi masyarakat Lampung, sedangkan Pepadun merupakan salah satu suku di Lampung.

Disebut sebagai simbol integrasi masyarakat Lampung yang majemuk, siger kerap digambarkan sebagai mahkota logam keemasan dengan sejumlah tanduk yang menandai kekhasan masing-masing suku di Lampung.

Keberadaannya juga memegang andil dalam ritual tradisional masyarakat Lampung, seperti pernikahan atau simbol bangunan.

"Oleh karena itu siger banyak dimunculkan pada berbagai ornamen bangunan rumah, pasar (baik modern maupun tradisional), gapura, dan simbol pemerintahan sebagai wujud kemajemukan masyarakat Lampung," bunyi jurnalnya.

Nikita WillyNikita Willy Foto: Fotografer: Hakim Satrio (Instagram)

Hanya yang menarik, Nikita menggunakan Siger Pepadun yang merupakan identitas adat masyarakat Pepadun. Di mana hal itu dapat terlihat dari jumlah lekukan di siger yang dikenakannya, yakni sebanyak 9 buah. Di mana melambangkan adanya sembilan marga (abung siwo megou).

Berbeda dengan Siger Saibatin dari daerah pesisir yang memiliki 7 lekukan atau 7 adoq (gelar adat dalam masyarakat Saibatin).

Dalam strata sosial, Pepadun juga lekat dengan singgasana tempat duduk Raja, kepatuhan dan disiplin pada atasan atau tetua hingga sifat kepemimpinan yang terhormat. Kualitas yang melekat pada seorang perempuan atau calon istri di masyarakat Lampung.

Oleh sebab itu, Siger Pepadun bisa berarti sebagai simbol pemersatu perbedaan dengan makna status terhormat. Tidak heran kalau Nikita Willy sengaja memakai pakaian adat tersebut untuk sesi foto pre-weddingnya.

Sebelumnya, Nikita Willy juga telah melakukan foto pre-wedding dalam balutan pakaian adat Batik khas Jawa hingga Minang. Tentunya sekaligus mengenalkan pakaian adat dan budaya Indonesia yang majemuk dan kaya filosofi. Semoga lancar sampai hari besar ya Nikita dan pasangan!



Simak Video "Nikah dengan Adat Minang, Impian Nikita Willy Terwujud"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA