Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 11:03 WIB

TRAVEL NEWS

Korban Corona, Disney PHK 28 Ribu Pekerja

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
397155 06: Mickey Mouse rides in a parade through Main Street, USA with Cinderellas castle in the background at Disney Worlds Magic Kingdom November 11, 2001 in Orlando, Florida. (Photo by Joe Raedle/Getty Images)
Foto: Disney World (Getty Images/Joe Raedle)
Florida -

Industri hiburan satu per satu terus berjatuhan di tengah pandemi virus Corona. Disney terpaksa melakukan PHK terhadap 28.000 karyawan di seluruh Amerika.

PHK ini harus dilakukan karena taman hiburan Disney di Amerika seperti California Adventure dan Disneyland tetap tutup. Padahal resort wisata Disney di bagian dunia lainnya seperti Florida, Paris, Shanghai, Hong Kong dan Tokyo sudah dibuka meski tetap dengan kebijakan pembatasan kunjungan untuk mencegah penularan virus Corona di area taman hiburan.

"Keputusan ini merupakan keputusan yang berat, kami harus mengambil opsi ini sebagai imbas yang panjang dari COVID-19 pada bisnis kami," ujar Josh D'Amaro, Chairman, Disney Parks, Experiences and Products dalam surat yang dikirimkan kepada para karyawan seperti ditulis oleh Washington Post.

"Selama beberapa bulan terakhir, tim manajemen kami telah bekerja tanpa lelah untuk menghindari keharusan memisahkan siapapun dari perusahaan. Kami telah memotong pengeluaran, menangguhkan modal proyek, mencabut anggota pemeran kami sambil tetap membayar tunjangan, dan mengubah operasional kami agar berjalan seefisien mungkin. Namun, kami tidak dapat secara bertanggung jawab memiliki staf penuh saat beroperasi pada kapasitas terbatas," tulisnya lagi dalam surat tersebut.

Sekitar dua pertiga karyawan yang harus kena pemutusan hubungan kerja adalah karyawan paruh waktu. Taman-taman hiburan Disney merupakan salah satu penyumbang pendapatan Disney.

Segmen taman, pengalaman, dan produk konsumen Disney menyumbang sekitar 37 persen dari pendapatan Disney sebesar USD 69,6 miliar pada tahun 2019. Pendapatan dari sektor ini lebih banyak daripada unit bisnis lain yang dimiliki Disney.

Gara-gara pandemi virus Corona, Disney melaporkan kerugian sebesar USD 4,72 miliar pada kuartal kedua tahun ini. Kerugian ini merupakan kerugian kuartal pertama kali yang didapatkan Disney dalam kurun waktu 20 tahun.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA