Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 19:09 WIB

TRAVEL NEWS

Kemenhub akan Tambah Bus BTS di 5 Kota Lain pada 2021

Putu Intan
detikTravel
Gubernur Bali I Wayan Koster dan Dirjen Hubdar Budi Setiyadi meresmikan Trans Metro Dewata (dok. Dirjen Hubdar)
Foto: Trans Metro Dewata (dok. Dirjen Hubdar)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bus Buy The Service (BTS) akan ditambah lagi di 5 kota. Hal itu akan direalisasikan mulai 2021.

Setelah hadir di Solo, Palembang, Medan, Denpasar, dan Yogyakarta pada 2020, Kemenhub akan memperluas layanan BTS ke 5 kota lainnya di Indonesia. Rencana itu diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam webinar yang dilaksanakan pada Kamis (1/10/2020).

"Sesuai survei yang kita lakukan dan komunikasi intens dengan pemerintah daerah kita akan memberikan bantuan lagi untuk program Buy The Service di Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Makassar, Banjarmasin dan di Banyumas,"ujar Budi.

Layanan bus ini terbilang kekinian karena mengandalkan teknologi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Bus itu dilengkapi dengan standar pelayanan 6K yakni keamanan, keterjangkauan, keselamatan, kesetaraan, kenyamanan, dan keteraturan.

Selain itu di dalam bus juga dilengkapi peralatan Internet of Things (IOT) yang mempermudah pengawasan pengelolaan yang oleh pemerintah diserahkan kepada pihak swasta. Beberapa peralatan itu antara lain passenger counting yang akan menghitung jumlah penumpang otomatis sehingga akan lebih transparan. Untuk periode 2 Juni sampai dengan 29 September 2020, jumlah penumpang bus dari 3 kota mencapai 777 ribu.

Kemudian bus juga dilengkapi dengan camera surveillance yang dapat merekam kegiatan di dalam bus. Ada pula CP4 yang berfungsi untuk menilai kinerja sopir. Budi menjelaskan bus juga dilengkapi dengan sensor alarm untuk mendeteksi pelanggaran bila sopir terpergok merokok atau mengantuk.

Di samping itu, bus juga dilengkapi dengan reader kartu non tunai dan menjamin bahwa pelayannya tepat waktu. Untuk headway (jarak antar bus) ditentukan 10 menit sehingga penumpang tak perlu berlama-lama menunggu. Posisi bus juga dapat dilacak menggunakan aplikasi Teman Bus.

Traveler yang tertarik mencoba bus Buy The Service ini, dapat langsung mengunjungi halte pada rute-rute yang sudah ditetapkan. Kabar baiknya, sampai 31 Desember 2020, tarif bus ini gratis.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA