Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 23:03 WIB

TRAVEL NEWS

Kabarnya Mandi di Air Terjun Kedung Kayang Bikin Awet Muda

Eko Susanto
detikTravel
Air Terjun Kedung Kayang airnya tetap mengalir di saat musim kemarau seperti sekarang ini. Kabarnya mandi di tempat ini bisa bikin awet muda.
Lokasi spot selfie yang berada di Wisata Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah. (foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tak hanya Candi Borobudur. Ada lagi, Air Terjun Kedung Kayang yang airnya tetap mengalir di saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Wisata Air Terjun Kedung Kayang ini berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Untuk sampai lokasi, jika pengunjung yang datang dari arah Jogja maupun Semarang, sesampainya di kawasan Blabak terus menyusuri jalan menuju Sawangan.

Untuk sampai lokasi, pengunjung yang datang dari luar kota bisa meminta bantuan dengan Google Maps. Nantinya dari Jalan Raya Magelang-Selo masuk sekitar 200 meter.

Pengunjung yang datang dengan mobil pribadi maupun sepeda motor tersedia lahan parkir. Saat masa pandemi ini, pengunjung yang datang wajib bermasker, kemudian mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya. Untuk wisatawan yang suka dengan tracking, sangat cocok berwisata di Air Terjun Kedung Kayang ini. Wisatawan yang ingin sampai di bawah sampai Air Terjun Kedung Kayang, harus berjalan naik dan turun.

Salah satu keistimewaan di destinasi ini yakni air terus mengalir sekalipun pada musim kemarau seperti sekarang ini. Kemudian, ada mitos jika mandi di bawah air terjun bisa awet muda. Namun, saat masa pandemi ini pengunjung dilarang mandi.

"Ya bisa dipirsani (lihat) langsung untuk air tidak pernah mati sepanjang musim. Mitosnya, Dewi Nawang Sih dan Dewi Nawang Wulan juga ada di Kedung Kayang, jadi sangat menarik para pengunjung," kata Bagian Pemasaran Wisata Air Terjun Kedung Kayang, Surono saat dihubungi, Kamis (1/10/2020).

Mitos mandi di Air Terjun Kedung Kayang, katanya, mitosnya bisa bikin awet muda. Namun demikian, selama pandemi Covid-19, pengunjung tidak boleh mandi. "Mitosnya bikin awet muda. Selama masih COVID-19, pengunjung belum boleh mandi. Terus waktu yang tepat berkunjung saat cuaca cerah," tuturnya.

Tiket masuk menuju Air Terjun Kedung Kayang sangat terjangkau sekali. Untuk tiket masuk Rp4.000, kemudian asuransi Rp500. Sedangkan parkir mobil Rp2.000, untuk mobil Rp5.000 dan minibus Rp10.000.

Masih di lokasi ini tersedia dua spot selfie dengan latar belakang Air Terjun Kedung Kayang dan Gunung Merapi. Terlebih saat cuaca cerah, pengunjung bisa foto dengan latar belakang Gunung Merapi. Untuk satu spot selfie pengunjung harus membayar Rp 5.000, kemudian di sana juga tersedia jasa foto. Adapun per file foto Rp 2.500.

"Untuk satu lokasi spot selfie Rp 5.000, kemudian jasa foto per filenya Rp 2.500. Spot selfie ini, kami bangun sejak tahun 2018," kata Supardi (51), pengelola spot selfie saat ditemui di lokasi.

Lokasi spot selfie yang berada di Wisata Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah. (foto: Eko Susanto/detikcom)



Simak Video "SvargaBumi Borobudur, Wisata Magelang yang Gandeng Petani Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA