Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Okt 2020 09:03 WIB

TRAVEL NEWS

Studi: Nonton Video Hewan Menggemaskan Bisa Redakan Stres

Putu Intan
detikTravel
Quokka, hewan paling bahagia di bumi
Quokka. Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Traveler suka menonton video kelakuan hewan yang menggemaskan? Itu ternyata bagus untuk kesehatan mentalmu.

Berdasarkan studi dari Inggris, menonton video hewan menggemaskan itu dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Nah dari berbagai jenis hewan, ternyata menonton quokka merupakan yang paling efektif.

Hewan ini dapat membantu kita meredakan situasi stres. Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan University of Leeds di Inggris bersama dengan situs wisata Western Australia.

Penelitian itu melibatkan 19 partisipan, termasuk 15 mahasiswa dari Leeds. Mereka diwajibkan untuk mengikuti tes selama 90 menit. Mereka diawasi oleh 4 orang peneliti yang akan melaporkan tingkat stres mereka.

Stres yang diderita partisipan ini dapat berkurang hanya dalam waktu 30 menit ketika mereka menonton video lucu dari hewan tersebut. Quokka sendiri merupakan hewan endemik Australia yang dikenal paling bahagia di dunia.

Quokka, hewan paling bahagia di bumiQuokka, hewan paling bahagia di bumi. Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Dalam setengah jam, rata-rata detak jantung mereka menurun 6,65 persen dari 72,2 bpm (denyut per menit) menjadi 67,4 bpm. Pengamatan yang sama dilakukan saat menganalisis tekanan darah yang turun rata-rata 14,9 persen pada tekanan sistolik hingga 18,28 persen pada tekanan diastolik.

Pada peserta dengan detak jantung tertinggi, penurunan tekanan darah diastolik mencapai 23,3 persen. Hasil ini dideskripsikan dalam penelitian sebagai 'mengesankan' hanya selama 30 menit pengujian.

Penurunan ini membuat kelompok tekanan darah tinggi menjadi tekanan darah normal.

"Sepanjang sesi, detak jantung dan tekanan darah turun pada semua individu ke tingkat yang dianggap sehat dan menunjukkan stres terbatas atau kecemasan," kata salah satu peneliti Dr. Andrea Utley.

Kemudian untuk tingkat kecemasan, menurun rata-rata 35,1 persen. Dalam beberapa kasus individu, tingkat kecemasan bahkan berkurang hampir 50 persen.

Nah dari sejumlah video yang diperlihatkan, ternyata peserta lebih menyukai video yang menunjukkan hewan berinteraksi dengan manusia daripada hanya sekadar foto sederhana.

Video quokka yang masih satu keluarga dengan kanguru dan walabi ini dinilai sangat efektif mengurangi tingkat stres. Setelah studi ini, University of Leeds juga akan memperluas metode relaksasi ini untuk digunakan membantu mahasiswa menghilangkan stres sebelum ujian.



Simak Video "Berbagai Satwa Liar yang Ada di Pusat Penyelamatan Satwa, Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA