Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Jun 2020 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan Pertama Kali ke Australia, Lihat Apa Ya?

Bonauli
detikTravel
Naik Balon Udara di Gold Coast, Australia
Balon udara di Gold Coast (Melisa Mailoa/detikTravel)
Sydney -

Australia menjadi negara tetangga yang eksotis untuk tempat liburan. Satwa endemik dan pantai-pantai indahnya bakal bikin kamu betah.

Pandemi Corona mereda di Australia. Negeri Koala ini melonggarkan lockdown dan mulai mempromosikan kembali pariwisatanya.

Traveler yang mau liburan ke Australia pertama kali tak perlu khawatir. Melalui Live Instragam di akun Golden Rama Tour, Country Manager Tourism Australia Agitya Nuraini, memberikan sedikit gambaran tentang Australia dan aktivitas wisatanya.

"Yang pasti ketemu satwa endemik Australia. Walaupun nggak ke kebun binatang, wisatawan bisa bertemu kanguru," ujar Agitya.

Kebun binatang memang jadi tempat wisata paling populer untuk wisatawan. Tapi coba hilangkan dulu gambaran kebun binatang di Indonesia. Kebun binatang Australia sungguh berbeda.

Mereka kebanyakan hadir dengan konsep konservasi dengan hewan-hewan endemik yang dilindungi. Wisatawan biasanya akan diajak trekking untuk menemui mereka satu per satu.

"Bahkan di Aussie bisa berinteraksi langsung dengan satwa-satwanya. Ada yang namanya koala cuddling dan feeding," jelasnya.

Namun tak semua kebun binatang memiliki program ini. Hanya ada 2 negara bagian yang memiliki izin, yaitu Queensland dan South Australia.

Sleeping Australian native Koala close upKoala Foto: (iStock)



"Koala itu hewan yang mudah stress, jadi tak bisa sembarangan dipegang. Makanya harus ada ranger yang menjaga dan hanya 2 tempat ini yang menyediakan," tambahnya.

Australia begitu bangga dan menjaga hewan-hewan endemiknya. Mereka kebanyakan dibiarkan liar supaya tidak stress dan mengganggu keseimbangan alam.



Satu lagi hewan endemik kebanggaan Australia, quokka. Mamalia kecil ini mendapat julukan The Happiest Animal in The Planet. Hal ini bisa dilihat dari ekspresi quokka yang suka tersenyum.

Quokka on Rottnest IslandQuokka di Rottnest Island Foto: (Tourism Western Australia)



"Quokka bisa dilihat langsung di Rottnest Island. Kalau di yang di laut ada whale watching atau berenang bersama lumba-lumba," cerita Agitya.

Selain mengenal satwa endemik, traveler juga bisa bertandang ke pantai-pantai indah Australia. Nama pantai yang sudah tidak asing adalah Gold Coast.

"Orang sini suka olahraga, jadi di Gold Coast udah banyak yang surfing pagi-pagi," ujarnya.

Gold Coast tak hanya pantai cantik, di sana pula berdiri Q1 yang pernah mendapat predikat gedung tertinggi dunia dari tahun 2005-2011. Di sana traveler bisa mencoba naik dan berfoto. Tenang, semua wisatawan diperlengkapi dengan alat keamanan. Ada pula wisata balon udara, lo!

Australia sangat luas dan tiap negara bagian memiliki keunikan masing-masing. Sehingga kamu yang mau ke sini harus punya rencana matang dan tujuan wisata yang jelas.

4 Cara menikmati Gold Coast, AustraliaGold Coast, Australia Foto: Melisa Mailoa/detikTravel



Simak Video "Remaja Autis di Australia Ditemukan Usai Hilang 2 Hari di Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA