Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Okt 2020 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Gordon Ramsay ke Sumbar, Ternyata Coba Balap Sapi sampai 5 Kali

Rizka Elfira
detikTravel
Momen seru Gordon Ramsay di Sumatera Barat
Gordon Ramsay menjajal pacu jawi. (Foto: Instagram gordongram dan natgeochannel)
Jakarta -

Selain masak dan makan rendang, Gordon Ramsay juga menjajal balapan sapi atau pacu jawi. Saat syuting ia sampai harus mengulang 5 kali saking sulitnya.

Kisah di balik layar itu diceritakan chef kenamaan Indonesia, William Wongso yang saat itu mendampangi Gordon menjelajahi Sumatera Barat. Menurutnya wajar saja Gordon kesulitan bermain pacu jawi yang merupakan hal baru untuknya.

"Memang postur dia nggak kondusif. Yang kedua, itu memang tidak gampang. Sapinya nggak diiket dengan jadi satu, lain dengan di Madura. Itu kamera merekam sampai 10 kamera, dari semua angle,"kata William melalui siaran IG Live bersama detik Travel, akhir pekan lalu.

"Dia naik sebanyak 5 kali tapi jatuh terus. Budaya Indonesia memang luar biasa, mereka terkagum-kagum,"ujarnya.

Meskipun penuh perjuangan dan jatuh berkali-kali, Gordon mengaku senang mendapatkan kesempatan itu. Pengalaman itu begitu berkesan sehingga William yakin Gordon pasti akan kembali ke Indonesia suatu saat nanti.

"Pasti tertarik lagi. Kalau Indonesia sudah kondusif mereka pasti tertarik,"ia mengungkapkan.

pacu jawiPacu Jawi. Foto: Adi Prima/d'Traveler

Sebagaimana diketahui, kedua juru masak top ini dipertemukan dalam acara Uncharted yang ditayangkan National Geographic pada 29 Juni 2020. Dalam acara tersebut Gordon Ramsay berkesempatan belajar langsung cara memasak rendang di Sumatera Barat.

William menjelaskan alasan pemilihan Sumatera Barat sebab makanan dari sana begitu populer di Indonesia. Terutama rendang yang sudah diakui sebagai kuliner terlezat di dunia. Selain itu, budaya yang beragam di Sumatera Barat juga ingin dikenalkan agar pemahaman Gordon mengenai kuliner makin lengkap.

"Saya mau ambil suatu daya tarik yang menarik perhatian National Geographic bahwa budaya makanan kita masih jauh lebih banyak. Itu yang saya unggulkan dulu agar mereka balik lagi ke Indoensia. Dikenalkan dengan budaya makan, tradisi permainan dan lain sebagainya yang menurut aku luar biasa,"kata William.

Sementara itu, syuting acara tersebut sudah dilakukan pada Januari. William menjelaskan, proses survei lokasi sudah dilakukan sejak Oktober 2019, termasuk meminta izin ke Gubernur Sumatera Barat. Barulah pada 6 Januari 2020 kru secara bertahap mulai datang. Gordon Ramsay sendiri tiba pada 18 Januari 2020 dan langsung memulai eksplorasinya di Tanah Minang.



Simak Video "Pacu Jawi Tanah Datar Minangkabau Sumatera Barat "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA