Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Okt 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Itu Gastronomi? Ini Penjelasan William Wongso

Putu Intan
detikTravel
Museum Gastronomi Prancis
Foto: (Cite Internationale De La Gastronomie De Lyon)
Jakarta -

Dunia kuliner terus berkembang, termasuk tren dalam menikmati kuliner itu sendiri. Salah satu yang sedang menjadi tren adalah gastronomi. Beberapa tempat wisata populer pun mulai menyajikan menu ini.

Pakar kuliner William Wongso menyebut gastronomi sebagai istilah yang mengindikasikan suatu keelitan dalam kuliner. Elit seperti apa sih?

"Gastronom adalah orang-orang yang bisa menikmati suatu hasil produk yang dihasilkan unggas, tanaman, pertanian yang kualitasnya super. Jadi misalnya ngomong tentang ayam, nggak bisa sembarangan,"katanya melalui siaran IG Live bersama detik Travel, Sabtu (3/10/2020).

"Kalau orang gastronom pasti nanyanya panjang, ayam apa? jenis apa? siapa yang memelihara? sertifikasinya apa?," ia menjelaskan.

William Wongso juga mencontohkan salah satu produk yang sering dikomentari para gastronom yaitu keju. Gastronom tidak akan mengkonsumsi keju pabrikan melainkan yang artisan.

"Keju-keju yang masuk gastronomi itu keju-keju yang dibuat secara artisan. Contoh utamanya itu, susunya nggak dimasak. Kalo industri kan dimasak karena untuk diekspor. Rasanya beda, susu dimasak banyak elemen rasanya yang hilang," William menjelaskan.

Lebih lanjut, William Wongso melihat tren ini suatu saat akan mendorong petani untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

"Harus punya petani elit, bukan yang asal menanam. Ayam juga harus dijaga, benihnya dan jenisnya apa," katanya.

Berbicara mengenai gastronomi, Indonesia pernah mengangkat hal ini di 5th UNWTO World Forum on Gastronomy Tourism 2019. Saat itu, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar menjelaskan mengenai destinasi gastronomi unggulan Indonesia yakni Ubud, Bali. Hal yang difokuskan Ubud adalah mengenai pembatasan plastik, pengelolaan sisa makanan, dan konsep hijau pada makanan-makanan sehat.



Simak Video "Pesan William Wongso untuk Kamu yang Ingin Berjualan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA