Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Okt 2020 05:42 WIB

TRAVEL NEWS

Keren, Gulungan China Berusia 700 Tahun Terjual Seharga Rp 616 M

Putu Intan
detikTravel
Sebuah gulungan China legendaris terjual seharga USD 41,8 juta atau sekitar Rp 616 miliar. Gulungan ini berasal dari Dinasti Yuan.
Gulungan China dari Dinasti Yuan. (Foto: Vincent Yu/AP)
Hong Kong -

Sebuah gulungan China legendaris terjual seharga USD 41,8 juta atau sekitar Rp 616 miliar. Gulungan itu berasal dari Dinasti Yuan.

Diwartakan Associated Press, Jumat (8/10/2020) gulungan sepanjang dua meter itu baru saja laku dilelang oleh Sotheby di Hong Kong. Gulungan tersebut berjudul Five Drunken Princes Returning on Horseback (Lima Pangeran Mabuk yang Kembali Menunggang Kuda). Pembuatnya adalah Ren Renfa, seorang seniman dan pejabat pemerintah China.

Lukisan pada gulungan China ini menggambarkan pangeran yang sedang menunggang kuda bersama dengan empat pengiringnya. Salah satu pangerannya adalah Li Longji yang kemudian menjadi Kaisar Xuanzong. Ia merupakan kaisar terlama yang memerintah Dinasti Tang.

"Lukisan ini menggambarkan kisah lima pangeran yang mabuk setelah mereka bersenang-senang, lalu mereka mabuk dan pulang ke rumah," kata Sally Fong, spesialis lukisan klasik China di Sotheby.

"Di antara lima pangeran, salah satunya adalah calon kaisar. Dalam lukisan ini, kita bisa melihat bahwa dia digambarkan sebagai orang yang bisa mentolerir kemabukan, pulang bersama pangeran pemabuk lainnya."

Gulungan itu telah didokumentasikan dalam koleksi kekaisaran dan memiliki koleksi segel, termasuk segel dari beberapa kaisar.

Pada tahun 1922, gulungan tersebut dikeluarkan dari Forbidden City atau Istana Terlarang oleh Pu Yi, seorang kaisar China terakhir setelah jatuhnya Dinasti Qing. Sementara itu, tak sedikit dari 21 lukisan karya Ren disimpan di museum atau dimiliki oleh kolektor pribadi.

Untuk gulungan China itu, awalnya diperkirakan akan terjual antara USD 10 juta-15,5 juta. Tapi ternyata harganya tembus lebih dari USD 41 juta.



Simak Video "RUU Keamanan Baru Disahkan, Polisi Tangkap Pedemo di Hong Kong "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA