Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Okt 2020 10:41 WIB

TRAVEL NEWS

Dibantu Aplikasi di HP, Arkeolog Thailand Temukan Lukisan Kuno Dalam Gua

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Arkeolog Thailand temukan lukisan prasejarah
Foto: (AFP)
Jakarta -

Sekelompok arkeolog di Thailand menyusuri sebuah gua di Bangkok. Tak disangka, mereka menemukan lukisan kuno yang diperkirakan berasal dari ribuan tahun lalu.

Dikutip dari SCMP oleh detikcom, arkeolog bernama Kanniga bersama tim kecilnya berjalan menelusuri Taman Nasional Sam Roi Yot yang terletak di barat daya Bangkok. Mereka mengikuti seorang penjaga hutan yang memegang parang saat dia menebas jalan setapak.

Melewati tumbuhan berduri, berjalan di atas pendakian terjal dengan medan tebing berbatu, mereka telah memasuki 40 gua tanpa hasil. Sampai mereka menemukan lukisan berharga di gua yang terakhir.

"Saya berteriak ketika kamu menemukan lukisan itu," katanya sambil menunjuk gambar dengan berwarna karat yang terlihat seperti manusia yang berpegangan tangan.

Lukisan pra sejarahLukisan pra sejarah Foto: (AFP)

Kendati dalam gelap, arkeolog berhasil melakukan pemeriksaan dengan cermat. Mereka menggunakan aplikasi telepon genggam untuk mengungkap sebuah gambar.

"Mereka pra sejarah, sekitar 2.000 hingga 3000 tahun," kata Kanniga.

Arkeolog Thailand temukan lukisan prasejarahArkeolog Thailand temukan lukisan prasejarah Foto: (AFP)

Thailand menemukan kuil hingga kota kuno, misalnya seperti reruntuhan di bekas ibu kota bersejarah Ayutthaya dan bagian utara Chiang Mai yang telah menarik wisatawan domestik hingga internasional.

"Banyak dari pekerjaan utama mereka hanya melestarikan apa yang telah ditemukan dan itu sudah memakan banyak waktu," kata seorang ahli di pusat arkeologi dan seni rupa regional Asia Tenggara.

Ada banyak tempat di Thailand yang belum dijelajahi," dia menambahkan.

Penduduk setempat mungkin sering menjelajahi gua untuk mengumpulkan guano atau kotoran kelelawar yang digunakan sebagai pupuk. Namun, mereka tidak memperhatikan seni dindingnya.

"Kami tidak tahu apa yang akan kami temukan," kata arkeolog berusia 40 tahun itu saat dia menunduk ke dalam gua.

"Gua Tanah Liat' tersebut mendukung hipotesis arkeolog bahwa daerah Sam Roi Yot pernah menjadi rumah bagi orang-orang prasejarah.

Kaninga mengawasi enam provinsi di Departemen Seni Rupa Ratchaburi dan sebelumnya juga menghabiskan waktu untuk menilai situs sejarah guna menentukan usia dan asalnya.

"Arkeolog asing biasanya mengkhususkan diri pada satu hal, tapi di Thailand kami perlu melakukan segalanya," kata Kanniga.



Simak Video "Thailand Memanas, Massa Serang Markas Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA