Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Okt 2020 11:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pantai Bondi Sydney akan Diprivatisasi?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kawasan Pantai Bondi di Sydney, Australia
Pantai Bondi (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Sydney -

Pantai Bondi yang paling ikonik di Australia sedang dipertimbangkan untuk rencana privatisasi. Akibatnya, setengah luasan pantai tak bisa diakses wisatawan umum.

Diberitakan CNN, The Amalfi Beach Club telah mengajukan proposal untuk membuat sekat di Pantai Bondi yang terkenal. Bagian khusus ini hanya bisa diakses oleh anggotanya.

Perwakilan dari Waverley Council, yang mengawasi daerah Bondi berada, mengatakan bahwa ide tersebut awalnya dilontarkan pada bulan Mei dan ditolak karena beberapa alasan. Ada kekhawatiran tentang aktivitas minum alkohol dan berenang juga tidak ingin memblokir akses pantai selama musim liburan.

Setelah itu, Amalfi Beach Club mencoba lagi. Proposal mereka saat ini akan mengubah sebagian dari Pantai Bondi menjadi klub khusus anggota antara bulan Februari dan Mei 2021.

"Dewan akan bekerja sama dengan pemohon setelah penilaian proposal baru," kata perwakilan tersebut.

Menurut afiliasi CNN, 9 News, Amalfi Beach Club, namanya diambil dari wilayah populer Italia, ingin mendirikan cabana tepi pantai. Traveler akan dikenakan biaya untuk memesannya.

Orang yang menyewa cabana juga bisa mendapatkan layanan makanan dan minuman. Dalam unggahan di halaman Facebook mereka, perwakilan untuk proyek tersebut menulis akan menghidupkan kembali Pantai Bondi.

"Amalfi Beach Club adalah inisiatif komersial untuk menghidupkan kembali Pantai Bondi, mendukung bisnis lokal dan mengangkat moral masyarakat setelah krisis COVID-19, yang telah menghancurkan ekonomi lokal," katanya.

Seperti banyak tujuan lain di seluruh dunia, Australia telah merasakan dampak ekonomi yang mengakibatkan keruntuhan industri pariwisata.

Selama puncak pandemi virus Corona, Pantai Bondi ditutup sepenuhnya pada April 2020 sebagai langkah untuk menahan penyebaran penyakit. Bahkan ada pusat pengujian COVID-19 didirikan di pantai itu.

Amalfi Beach Club mengatakan bahwa semua cabana akan berjarak sejauh dua meter. Itu memungkinkan wisatawan bisa menjaga jarak.

Namun, tidak semua orang menyukai usulan privatisasi. Beberapa penentang percaya bahwa memisahkan bagian pantai dengan hanya orang-orang yang mampu membayar adalah aksi yang membatasi kebebasan.

"Ini adalah hal yang paling memalukan dari para elit. Sama sekali tidak sejalan dengan proposal komunitas yang pernah saya lihat," kata komentator di unggahan Amalfi Beach Club.

"Pantai Bondi dan taman kami adalah ruang terbuka publik, untuk kesenangan semua orang," tulis perwakilan Dewan Waverley dalam sebuah pernyataan.



Simak Video "Pantai Bondi Sydney Dibuka, Khusus Peselancar dan Perenang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA