Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Okt 2020 17:05 WIB

TRAVEL NEWS

PM Suga Kirim Persembahan ke Kuil Yasukuni yang Kontroversial

Putu Intan
detikTravel
Yoshihide Suga
PM Jepang Yoshihide Suga. (Foto: Dok. Getty Images)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga mengirimkan persembahan ke Kuil Yasukuni untuk menghormati korban perang dan bertepatan dengan festival musim gugur.

Diwartakan NHK, Suga mengirimkan persembahan pada Sabtu (17/10/2020). Ini merupakan pengiriman pertamanya sejak dilantik menjadi PM Jepang menggantikan Shinzo Abe.

Diketahui, Shinzo Abe juga rutin mengirimkan persembahan melalui ajudannya pada hari ulang tahun penyerahan Jepang dalam Perang Dunia II. Selain itu, persembahan juga diberikan selama festival musim semi dan gugur di kuil itu.

Namun langkah tersebut dinilai kontroversial sebab China dan Korea Selatan melihat kuil tersebut sebagai simbol kekejaman Jepang saat agresi militer. Namun bagi Jepang, kuil itu menjadi penghormatan pada 14 pemimpin masa perang yang dihukum sebagai penjahat perang oleh pengadilan sekutu dan korban perang.

Kuil Yasukuni JepangKuil Yasukuni Jepang. Foto: Kakidai/Wikimedia Commons

Menanggapi sikap Suga, pemerintah Korea Selatan melalui Kementerian Luar Negeri mengungkapkan kekecewaan yang mendalam bahwa pemerintah Jepang dan para pemimpin kongres kembali mempersembahkan persembahan kepada Kuil Yasukuni yang mengagungkan invasi Jepang di masa lalu.

Mereka pun mendesak pemimpin Jepang untuk menghadapi sejarah dan menunjukkan refleksi rendah hari dan tulus melalui kabinet baru.

Pada 2013, Abe pernah berziarah langsung ke sana. Tindakannya itu juga memicu kemarahan Korea Selatan dan China pada saat itu. Selain itu, ekspresi kekecewaan juga muncul dari Amerika Serikat.

Akan tetapi pada 19 September lalu, Abe kembali datang ke sana setelah mundur dari kursi PM.

Sementara itu, kunjungan langsung Suga ke Kuil Yasukuni ternyata sudah dilakukan sebelum Abe. Melalui blog pribadinya, ia mengabarkan pernah berziarah pada Agustus 2011. Saat itu ia bahkan belum diangkat menjadi sekretaris kabinet pemerintahan Abe yang baru ia jabat pada Desember 2012.



Simak Video "Jepang Beri Pinjaman ke RI Hampir Rp 7 Triliun untuk Penanganan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA