Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Okt 2020 22:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kapal Pesiar Wajibkan Penumpang Punya Tes Negatif COVID-19

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi kapal Wonder of The Seas yang tengah dibangun Royal Caribbean
Ilustrasi (Foto: Royal Caribbean)
Jakarta -

Perusahaan kapal pesiar dunia sepakat untuk mewajibkan penumpang negatif virus Corona. Ini sebagai langkah mereka untuk menjamin keamanan berlayar.

Diberitakan Lonely Planet, Minggu (18/10/2020) Cruise Lines International Association (CLI), asosiasi agen pelayaran terbesar di dunia menyatakan bahwa semua anggotanya di seluruh dunia sepakat untuk melakukan pengujian terhadap penumpang dan awak di semua kapal dengan kapasitas untuk mengangkut 250 orang. Atau singkatnya mereka semua harus negatif virus Corona.

"Kami melihat pengujian sebagai langkah awal untuk pendekatan sebagai komitmen industri untuk menjadikan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan penumpang, kru, dan komunitas yang kami kunjungi sebagai prioritas utama kami," begitulah CLI dalam pernyataannya.

Sejumlah perusahaan kapal pesiar terkenal internasional yang menjadi anggota CLI, termasuk Royal Caribbean, Carnival, dan MSC sepakat dalam kebijakan ini. Ketua eksekutif MSC Cruises, Pierfrancesco Vago menyampaikan meminta seluruh industri perjalanan untuk melakukan pengujian universal sambil menerapkan larangan pada calon pelancong yang mungkin telah terpapar virus.

"Selama ini, kami telah menerapkan protokol dengan ketat dan harus menolak embarkasi ke lebih dari 100 tamu karena dites positif, bepergian dengan seseorang yang dites positif atau tidak memiliki dokumen medis yang benar dan juga karena pelanggaran protokol kami. Data kami menunjukkan bahwa dalam pandemi di mana hingga 80% dari mereka yang terinfeksi dalam wabah saat ini bersifat ringan atau tanpa gejala menurut data WHO terbaru. Berarti tidak ada keraguan bahwa pengujian adalah kuncinya," ungkapnya.

Walau begitu, pemerintah di seluruh dunia masih mempertimbangkan lagi warganya untuk berlayar dengan kapal pesiar di tengah pandemi. Karena risiko terpapar di kapal pesiar sangatlah tinggi.

Baru-baru ini, untuk melepas kerinduan warganya berlibur Pemerintah Singapura mengumumkan akan peluncuran kapal pesiar ke antah-berantah itu. Dewan pariwisata nasional Singapura bermitra dengan dua operator pelayaran untuk perjalanan awal. Ada Genting Cruise Lines dengan World Dream dan Royal Caribbean International dengan Quantum of the Seas.



Simak Video "12 Kru Positif Corona, Kapal Pesiar 'Lockdown' di Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA