Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2020 10:25 WIB

TRAVEL NEWS

American Airlines Terbangkan Boeing 737 Max Desember?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Boeing larang terbang seluruh armada pesawat 737 Max
Pesawat Boeing 737 Max milik American Airlines (Foto: BBC World)
Jakarta -

Salah satu maskapai Amerika Serikat, American Airlines bakal mengembalikan pesawat Boeing 737 Max ke dalam layanannya. Bulan Desember dianggap sebagai waktu yang tepat.

Diberitakan CNN, tanggal kembali Boeing 737 Max ke layanan sangat tergantung" pada sertifikasi ulang dari Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA), kata American Airlines Minggu lalu.

Boeing 737 Max dilarang terbang di seluruh dunia sejak Maret 2019. Hukuman ini menyusul dua kecelakaan yang menewaskan 364 orang dan salah satunya ada di Indonesia, yakni penerbangan dari Lion Air.

American Airlines mengatakan, setelah Boeing 737 Max disertifikasi, pesawat itu akan bertahap digunakan kembali. Penerbangannya dimulai dengan rute harian sekali sehari antara Miami dan New York.

Tanggal pasti penggunaan pesawat Boeing 737 Max oleh American Airlines mulai tanggal 29 Desember hingga 4 Januari. Tanggal itu juga akan jadi pertimbangan, apakah layanannya akan diperpanjang atau tidak setelah penerbangan itu.

"Kami tetap berhubungan dengan FAA dan Boeing dalam proses sertifikasi dan kami akan terus memperbarui rencana penerbangan kami berdasarkan kapan pesawat itu disertifikasi," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Jadwal penerbangan baru akan tersedia untuk dipesan paling cepat 24 Oktober dan pelanggan akan diberi tahu bahwa mereka akan terbang dengan Max, kata maskapai itu.

Pengumuman penerbangan kembali Boeing 737 Max oleh American Airlines menyusul pemotongan 9.000 pekerjaan di dalam tubuh maskapai setelah gagal mendapat bantuan dari federal karena terdampak pandemi Corona.

Maskapai American Airlines diperkirakan akan melaporkan pendapatannya pada tanggal 22 Oktober esok.

Pada paruh pertama tahun ini, perusahaan American Airlines kehilangan USD 5 miliar. Pandemi virus Corona jadi momok utama dan terus berdampak pada industri penerbangan.

Sebelumnya, masih di bulan Oktober, FAA telah menerbitkan draf pelatihan pilot untuk mengendalikan pesawat Boeing 737 Max. Hanya satu dari setengah lusin langkah prosedural yang telah ditetapkan agensi yang perlu diselesaikan.

Para pilot diwajibkan melakukannya sebelum memberi persetujuan akhir bagi maskapai untuk menerbangkan pesawat Boeing 737 Max lagi.

Pada hari Jumat, Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) mengonfirmasi bahwa mereka juga hampir memberi lampu hijau bagi Boeing 737 Max. Tapi, masih butuh waktu lebih dari sebulan untuk menyelesaikan persetujuan akhir itu.



Simak Video "Mulai Januari 2020, Boeing Hentikan Sementara Produksi 737 MAX"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA