Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Okt 2020 14:48 WIB

TRAVEL NEWS

Suka Sajian Pedas? Coba Tantang Lidah dengan Datang ke Daerah Ini

Inkana Putri
detikTravel
kuliner pedas indonesia
Foto: shutterstock
Jakarta -

Selain punya beragam warisan budaya, Indonesia ternyata juga kaya akan kuliner penggugah selera. Mulai dari manis, asin, gurih, hingga pedas semua tersedia #DiIndonesiaAja.

Bagi para pecinta makanan pedas, ada aneka ragam makanan khas daerah dengan cita rasa pedas yang bisa membakar lidah para traveler. Tak hanya pedas, makanan ini juga punya rasa khas asli dari daerah masing-masing.

Penasaran daerah mana saja yang paling terkenal dengan sajian pedasnya? Melansir berbagai sumber, ada 4 daerah di Indonesia yang menyajikan hidangan pedas dengan cita rasa nusantara. Berikut ulasannya.

Padang

kuliner pedas indonesiaKuliner Padang/Foto: shutterstock

Bukan cuma ahli soal makanan lezat, Padang juga paling terkenal dengan hidangan pedasnya. Saking terkenalnya, hampir di seluruh kota Indonesia memiliki restoran atau warung makan Padang. Selain cabai, salah satu kunci nikmatnya masakan padang adalah pada penggunaan bumbu dan rempah. Di samping cabai dan bawang, masakan padang pada umumnya menggunakan empat rempah utama, yakni lengkuas, jahe, kunyit, dan serai.

Rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia dengan cita rasa pedas yang paling digemari oleh banyak orang. Bahkan, saat ini kelezatan rendang sudah terkenal ke mancanegara.

Selain rendang, ada juga masakan padang pedas lainnya yang wajib dicoba, seperti dendeng balado, sate padang, asam padeh, soto padang, dan nasi kapau. Jika makanan tersebut dirasa masih kurang pedas, cobalah untuk mencoba sambal hijau dan sambal merah khas Kota Padang.

Bali

kuliner pedas indonesiaAyam Betutu/Foto: shutterstock

Bicara soal Bali, para traveler umumnya lebih mengenal dengan keindahan pariwisatanya saja. Padahal, Bali juga menyimpan berbagai macam kuliner yang lezat, termasuk kuliner pedas. Bebek betutu menjadi salah satu makanan pedas yang paling digemari para turis di Bali. Bahkan, belum lengkap rasanya jika belum merasakan lezatnya bebek betutu saat berkunjung ke Bali.

Cita rasa yang lezat dari bebek betutu dihasilkan dari bumbu khas Bali yakni cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe lengkuas, kemiri, dan bumbu lainnya. Selain bebek betutu, Bali juga punya segudang makanan pedas lainnya seperti nasi pedas, sate plecing, nasi jinggo, dan ayam suwir pedas.

Masih kurang pedas juga? Bali juga memiliki hidangan pendamping lainnya yang tak kalah pedas seperti sambal matah, rujak bulung, dan jukut gonda.

Manado

kuliner pedas indonesiaAyam Rica rica Foto: shutterstock

Selain Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi juga punya banyak makanan pedas yang menggugah lidah. Manado menyimpan segudang makanan ekstra pedas yang dimasak dengan bumbu khasnya. Tak heran jika mayoritas masyarakat Manado mengonsumsi makanan dengan sambal, termasuk saat menyantap pisang goreng.

Umumnya, masakan Manado menggunakan ramuan rempah seperti bawang putih, jahe, lengkuas, daun basil, serai dan kunyit. Saat mengunjungi Manado, pastikan untuk merasakan pedasnya masakan 'rica-rica' yang artinya panas dan pedas. Di Manado, bumbu rica-rica biasanya menjadi saus atau sambal yang dituang pada sajian ayam, ikan bakar, atau seafood.

Tak hanya itu, Manado juga punya makanan pedas lainnya seperti ikan cakalang, ikan kuah asam, dan tinoransak. Agar lebih nikmat, hidangan ini juga bisa dimakan dengan sambal roa khas Manado.

Lombok

kuliner pedas indonesiakuliner pedas indonesia Foto: shutterstock

Lombok juga menjadi salah satu daerah yang menawarkan kuliner pedas dan menggoda lidah. Pasalnya, masyarakat Lombok umumnya sangat gemar menyantap makanan pedas. Faktor inilah juga yang membuat hidangan khas Lombok memakai banyak cabai.

Di Lombok, ayam taliwang merupakan kuliner pedas paling terkenal yang harus dicoba. Adapun bumbu utama pembuatan ayam taliwang adalah cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan aneka rempah. Meskipun sudah terasa pedas, ayam taliwang sering sekali disajikan bersama plecing kangkung, yang juga tak kalah pedas.

Saat mengunjungi Lombok, pastikan juga untuk mencicipi makanan khas Indonesia lainnya yang tak kalah pedas seperti beberuk terong, ayam rarang, nasi balap, dan sate pencok.

Nah, itu dia empat daerah yang menyimpan segudang makanan dengan cita rasa pedas. Semua makanan tersebut bisa ditemui #DiIndonesiaAja.

Saat mengunjungi daerah tersebut, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, dan menjaga jarak dua meter dengan orang lain.



Simak Video "Begini Prosedur Kesehatan Pariwisata di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA