Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Okt 2020 17:11 WIB

TRAVEL NEWS

Nggak Biasa! 5 Kerajinan dari Bali Ini Wajib Dijadikan Buah Tangan

Angga Laraspati
detikTravel
Kerajinan
Kerajinan Anyaman Rotan (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Dari jutaan budaya yang ada, salah satu yang menjadi ciri khas suatu daerah adalah kerajinan tangan. #DiIndonesiaAja punya beberapa tempat yang terkenal akan kerajinan tangan, seperti Pulau Bali. Pulau yang menjadi surganya para turis ini memang punya segudang keindahan mulai dari alam hingga budayanya. Kini, Bali sudah kembali membuka pintunya untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Tetapi saat berkunjung ke Bali, kurang afdal bila pulang tanpa membawa cendera mata untuk keluarga di rumah, bukan? Nah, ini dia beberapa kerajinan Bali yang cocok untuk dijadikan buah tangan dilansir dari Indonesia.travel, apa saja, ya?

Ukiran Kayu dan Lukisan

KerajinanUkiran kayu khas Bali Foto: shutterstock

Di Bali, kamu akan menemukan setiap daerah dan desa mempunyai kerajinan tangannya masing-masing. Seperti ukiran kayu yang bisa ditemukan di sebuah desa bernama Desa Mas, atau lukisan yang bisa kamu temukan di Ubud.

Dua kerajinan ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencari hiasan rumah khas Bali. Ukiran kayu misalnya, kamu bisa menemukan berbagai bentuk mulai dari tradisional hingga modern. Bagi masyarakat Bali selain ukiran dengan bentuk dewa-dewi sakral menjadi ukiran tradisional, kamu juga dapat menemukan ukiran dalam bentuk seperti kuda, penari, wajah yang penuh ekspresi dan bentuk lainnya.

Selain ukiran kayu, salah satu kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah lukisan khas Bali. Jangan salah, banyak juga pelukis terkenal yang berasal dari Bali, salah satunya adalah Nyoman Rudana. Karenanya, jangan heran kalau lukisan adalah rekomendasi oleh-oleh untuk kamu.

Salah satu daerah yang terkenal akan lukisannya adalah Ubud. Di tempat ini kamu akan menemukan berbagai bentuk lukisan mulai dari tradisional seperti lukisan keagamaan hingga kisah-kisah legenda. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai lukisan yang modern di berbagai galeri seni di Ubud.

Perak

KerajinanUkiran perak dari Bali Foto: shutterstock

Kerajinan ini bisa kamu temukan di satu desa bernama Desa Celuk di Kabupaten Badung. Tempat ini merupakan pusat kerajinan emas dan peralatan makan perak di Bali. Walaupun kerajinan perak juga ada di Yogyakarta, namun perak yang diukir di Bali mempunyai perbedaan.

Perbedaan tersebut terdapat pada gaya desain hitam yang diukir pada keping perak putih, sehingga menghasilkan kreasi yang lebih rumit dan penuh dekorasi. Ukiran perak di Bali juga biasanya didominasi dengan perak putih dan hanya menggunakan sedikit perak hitam.

Beragam bentuk perak pun dihasilkan di Bali seperti kalung, cincin hingga gelang yang disajikan dengan desain yang modern tetapi tetap menjaga keindahan seni khas Pulau Dewata.

Anyaman Rotan

KerajinanAnyaman rotan digantung di salah satu pasar di Bali Foto: shutterstock

Ketika kamu berada di suatu cafe di Bali, pernahkah duduk di kursi yang terbuat dari rotan? Bila pernah, berarti kamu telah duduk di salah satu kerajinan khas Bali yang sudah menjadi buah bibir. Tak hanya kursi, kerajinan anyam rotan juga banyak sekali dipamerkan di depan toko-toko di berbagai daerah di Bali.

Uniknya, anyaman rotan ternyata sudah menjadi tradisi turun temurun di Bali di mana tradisi ini seperti memberikan persembahan kepada dewa-dewi dalam bentuk wadah yang dianyam. Kemampuan ini pun sudah diajarkan kepada masyarakat asli Bali sejak mereka masih sangat muda. Jadi, jangan kaget ketika kamu mendapati anyaman rotan yang sangat kreatif dengan detail tinggi.

Ada beberapa anyaman rotan yang bisa kamu temukan, antara lain tas, topi, keranjang, sandal, dan anyaman dalam bentuk lainnya yang pas untuk menghiasi rumah kamu. Kamu pun bisa mendapatkan berbagai anyaman tersebut di daerah Gianyar.

Produk Spa Bali

KerajinanBahan-bahan untuk produk spa Bali Foto: shutterstock

Bali selalu menghadirkan ketenangan bagi para wisatawan yang berkunjung, bahkan beberapa dari mereka kerap datang ke spa-spa yang ada di Bali. Tapi jangan salah, banyak tempat spa di Bali yang memakai produk khas Bali ternama bahkan sudah merambah ke kancah Internasional. Wajar saja, produk spa Bali harus wajib menjadi cendera mata kalau suatu saat kita datang ke Bali.

Kain Tenun Bali

KerajinanWanita sedang menenun kain Foto: shutterstock

Saat kamu berkunjung ke Bali, pastinya sering melihat kain dengan motif hitam putih kotak-kotak atau ketika kamu berkunjung ke suatu Pura pasti mengenakan sarung yang terkenal. Ya, dua kain tersebut dibuat oleh masyarakat Bali.

Namun, tak cuma dua kain itu saja, Bali juga menyimpan segudang jenis kain yang bisa kamu bawa pulang ke rumah, seperti batik, kain pantai hingga kain yang paling langka di Bali yaitu kain tenun atau yang biasa disebut endek.

Kain yang penuh dengan nilai dan budaya ini menjadi jenis kain yang paling mahal di Bali, salah satunya adalah kain tenun ikat ganda yang ada di Desa Tenganan. Bagaimana tidak, para perempuan yang menenun kain tersebut butuh waktu satu tahun hanya untuk menyelesaikan satu lembar kain yang presisi dan juga desain yang sangat kompleks.

Itu dia beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu temukan di Bali dan sangat cocok untuk dijadikan cendera mata. Memang cuma #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan jutaan kerajinan yang mempunyai desain yang presisi dan juga indah, dan salah satunya ada di Bali. Tapi ingat, saat berburu kerajinan tangan di Bali, tetap perhatikan protokol kesehatan berwisata yang berlaku, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.



Simak Video "Begini Prosedur Kesehatan Pariwisata di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dRooftalk
×
Saat Militer Lucuti Baliho
Saat Militer Lucuti Baliho Selengkapnya