Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Okt 2020 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kembali Erupsi, Wisatawan Diimbau Jauhi Gunung Sinabung

Antara
detikTravel
Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas, Status Siaga!
Foto: 20detik
Medan -

Gunung Sinabung di Sumatera Utara kembali erupsi. Terkait situasi di lapangan, wisatawan diminta untuk menghindari zona berbahaya.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis (29/10) kembali meluncurkan awan panas sejauh 2.000 meter ke arah Timur-Tenggara.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan erupsi Gunung Sinabung pagi ini menciptakan tinggi kolom sejauh 1.500 meter.

"Terjadi APG (awan panas guguran-red) pada 29 Oktober 2020 sekitar pukul 07.52 WIB dengan jarak luncur 2000 meter ke arah timur-tenggara dan tinggi kolom abu 1500 meter," katanya seperti dilansir detikTravel dari Antara, Kamis (29/10/2020).


Armen mengimbau warga untuk tidak memasuki zona merah Gunung Sinabung. Hal ini dikarenakan aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi dan sewaktu-waktu dapat erupsi.

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatera Utara, Minggu (23/8/2020). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Sinabung berstatus level III atau siaga dan meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di desa yang telah direlokasi.  ANTARAFOTO/Edy Regar/Lmo/foc.Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatera Utara, Minggu (23/8/2020). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Sinabung berstatus level III atau siaga dan meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di desa yang telah direlokasi. ANTARAFOTO/Edy Regar/Lmo/foc. Foto: ANTARA FOTO/Edy Regar

Masyarakat diminta menjauhi zona merah dengan jarak radius 5 km ke arah sektor Timur Tenggara, dan 4 km ke arah Timur Utara dari Puncak Gunung Sinabung.

"Saat ini Gunung Sinabung masih dalam status siaga, masih berpotensi terjadinya erupsi dan awan panas," katanya.

Selain itu, selama libur panjang ini masyarakat juga diminta untuk tidak mendatangi sejumlah tempat wisata yang berada di zona merah.

"Untuk destinasi wisata yang dilarang dimasuki adalah Lau Kawar. Karena lokasinya kan berada di kaki Gunung Sinabung, jadi wilayah tersebut masuk dalam zona berbahaya," ujarnya.

Mengingat situasi terkini di lapangan, ada baiknya traveler menghindari destinasi wisata Lau Kawar atau mendekati Gunung Sinabung hingga kondisi kembali membaik. Semuanya demi keamanan traveler.



Simak Video "Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas, Status Siaga! "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA