Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Okt 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata Ada Penyu Berwarna Putih, Ditemukan di AS

Putu Intan
detikTravel
Penyu berwarna putih baru-baru ini ditemukan di South Carolina, Amerika Serikat (AS). Penemuan ini begitu mengejutkan lantaran satwa ini tergolong langka.
Penyu putih. (Foto: Facebook Town of Kiawah Island, SC)
South Caroline -

Penyu putih baru-baru ini ditemukan di South Carolina, Amerika Serikat (AS). Penemuan ini begitu mengejutkan lantaran satwa ini tergolong langka.

Kabar penemuan penyu putih itu disampaikan melalui laman Facebook Kota Kiawah Island. Dalam postingan itu dijelaskan bahwa penyu putih ini ditemukan oleh sejumlah relawan. Saat ditemukan, penyu yang masih bayi itu merangkak di atas pasir.

Pada postingan itu juga diceritakan betapa kagetnya orang-orang yang menemukan tukik (bayi penyu) langka yang sendirian di sarangnya. Penemuan ini juga disaksikan beberapa siswa dari College of Charleston yang sedang melakukan pengamatan penyu di sana.

Penyu putih ini diyakini lahir dengan kondisi genetik yang disebut leucisme. Ini menyebabkan hewan mengalami penurunan pigmentasi.

"Leucisme berbeda dengan albinisme karena hewan albino benar-benar kehilangan pigmen, membuat mereka benar-benar putih dengan mata merah atau merah muda," kata postingan itu sebagaimana dilansir dari New York Post.

Penyu berwarna putih baru-baru ini ditemukan di South Carolina, Amerika Serikat (AS). Penemuan ini begitu mengejutkan lantaran satwa ini tergolong langka.Penyu putih. Foto: Facebook Town of Kiawah Island, SC

Sementara itu, penyu dengan leucisme ini memiliki mata yang hitam dan sedikit pigmen pada kulitnya. Dari foto yang diunggah, terlihat bahwa penyu itu tak benar-benar putih melainkan krem. Warnanya berbeda dengan penyu pada umumnya yang abu-abu atau hijau.

Sebuah kelompok konservasi penyu, Olive Ridley mengatakan bahwa penyu dengan leucisme ini biasanya sulit bertahan hidup karena kesulitan menyamar dengan warna tubuhnya.

Penyu biasanya dapat menghabiskan waktu hingga beberapa bulan dengan bersembunyi di bawah rumput laut di lautan. Warna hijau yang umumnya dimiliki penyu membuat mereka relatif lebih aman di sana dan dapat cepat bertumbuh besar.

"Kamuflase penting bagi semua hewan, terutama tukik penyu yang sangat kecil yang dimangsa oleh hampir hewan. Jadi, terlahir putih membuat penyu putih menonjol dan mudah terlihat oleh predator," kata kelompok itu.



Simak Video "Menilik Penyu-penyu Bertelur di Pantai Sukamade Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA