Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Nov 2020 07:08 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Targetkan Bebas Karbon 2050, Indonesia Kapan?

Putu Intan
detikTravel
Yoshihide Suga
PM Jepang Yoshihide Suga. (Foto: Dok. Getty Images)
Tokyo -

Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga menargetkan Jepang akan bebas karbon pada 2050. Ini merupakan komitmen Negeri Sakura pada isu perubahan iklim.

"Kami akan membawa jumlah total gas rumah kaca (yang diemisikan oleh Jepang) menjadi nol pada 2050, artinya bebas karbon," kata PM Suga dalam pidato kebijakan pertamanya di hadapan parlemen, Senin (26/10/2020) lalu.

"Saya menyatakan, kami akan mewujudkan masyarakat dekarbonisasi," tambahnya sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Sebelumnya, Jepang menyatakan target bebas karbon akan dicapai beberapa tahun usai paruh kedua abad ini. Namun hal itu mendapatkan kritik karena dinilai tidak ambisius.

Dengan diumumkannya rencana bebas karbon pada 2050, Jepang memiliki posisi yang sama dengan Eropa, Inggris, dan sejumlah negara kecil lainnya. Target ini pun lebih cepat satu dekade dibandingkan China yang menargetkan bebas karbon pada 2060.

Mengenai langkah yang akan diambil untuk mencapai target itu, Suga belum memberikan rincian yang detail. Suga hanya menyampaikan bahwa teknologi menjadi penting untuk mencapai negara yang ramah lingkungan sebab hingga kini negara itu masih bergantung pada batu bara.

"Kuncinya adalah inovasi," kata Suga.

Suga membeberkan bahwa Jepang akan mendorong penggunaan energi terbarukan dan tenaga nuklir. Ia juga menegaskan keamanan tetap menjadi prioritas berkaca dari tragedi ledakan nuklir di Fukushima pada 2011.

Selanjutnya>>> Jepang Penyumbang Emisi Rumah Kaca Terbesar Keenam Dunia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA