Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Nov 2020 10:14 WIB

TRAVEL NEWS

Pelaku Wisata Selam Labuan Bajo Ajak Traveler untuk Jaga Laut

snorkeling
Alam bawah laut di Taman Nasional Komodo (Thinkstock)
Jakarta -

Walau tamu banyak menurun di tengah pandemi, tapi pelaku wisata selam Labuan Bajo tak menyerah. Malah, mereka mengajak traveler untuk ikut jaga laut.

Adalah pelaku wisata selam yang tergabung dalam organisasi Gahawisri (Gabungan Usaha Wisata Bahari & Tirta Indonesia) di Labuan Bajo, yang melakukan gerakan kreatif tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Aprita Primayuda, co-owner Divers Paradise Komodo yang juga tergabung di Gahawisri.

Di tengah pandemi, Aprita tidak menampik akan jumlah tamu selam yang berkurang drastis di Labuan Bajo.

"Agustus kemarin baru pulih dikit. Saat ini 20% anggota kami menunggu 2021 buat buka lagi. 80% sebagian besar buka lagi, tapi masih menunggu tamu," ungkap Aprita dalam webinar Sosialisasi Panduan CHSE Wisata Selam & Dive Tourism Market Updates siang tadi, Selasa (3/11/2020).

Hanya walau peminat dan tamu wisata selam di Labuan Bajo cukup sedikit saat ini, Aprita dan teman-teman dari Gahawisri tetap kreatif untuk membuat program edukatif lain bernama reef check atau pengecekan terumbu karang.

"Kondisi gak ada tamu kita gak diam saja. Kita melakukan pelatihan untuk reef check. Sudah dari 2019, tapi baru bisa terlaksana sekarang," ujar Aprita.

Lebih lanjut, reef check merupakan kegiatan pengawasan dan pendataan terumbu karang. Tak hanya eksklusif bagi para dive master, program itu juga bisa diikuti oleh wisatawan.

"Survei dan rekomendasi saat ini, pelatihan 2-3 hari bisa melakukan survei gak cuma di Bajo tapi juga wisatawan bawah air untuk melakukan survei, sehingga diving mereka bermanfaat bisa mengambil data," pungkas Aprita.

Dari sisi protokol kesehatan, Aprita dan teman-teman pelaku wisata selam di Labuan Bajo juga telah bersiap. Traveler pecinta wisata selam disebut tak perlu ragu untuk menyelam di Labuan Bajo.

"Semoga rekan-rekan tidak ragu berkunjung ke Labuan Bajo," tutup Aprita.



Simak Video "Sandiaga Uno Dorong KTT G20 Jadi Ajang Promosi Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA