Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Nov 2020 14:18 WIB

TRAVEL NEWS

Dekat Jakarta, Ini Rekomendasi Liburan Asyik bareng Keluarga

Liburan
Foto: shutterstock
Jakarta -

Liburan singkat dan dekat saat ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin refreshing di tengah masa pandemi. Selain menjaga diri selama berwisata, memilih tempat wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan juga menjadi hal yang penting.

Nah, buat kamu yang berada di sekitar Jakarta, nggak perlu jauh-jauh liburan hingga ke luar negeri, cukup #DiIndonesiaAja liburan bersama keluarga tetap bisa seru, lho. Berikut ini 5 rekomendasi destinasi wisata keluarga dekat Jakarta yang sudah menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata.

Taman Safari

penjaga satwa taman safari bogorSeorang petugas Taman Safari memberi makan kepada kanguru Foto: (Rafida Fauzia/detikcom)

Semenjak akhir Juni lalu, Taman Safari Indonesia telah menerima kunjungan wisatawan yang sudah rindu akan satwa. Serangkaian protokol kesehatan pun diterapkan demi mencegah penularan COVID-19 di semua wahana yang ada di kawasan taman. Salah satunya yaitu memberi jarak dan membatasi pengunjung di wahana.

Pengunjung sudah bisa menikmati wahana yang ada di Taman Safari. Termasuk berkeliling dengan bus wisata dari Taman Safari yang diperuntukkan bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan umum atau motor. Pengurus Taman Safari mengatakan selama masa pandemi, hewan-hewan yang ada di Taman Safari Bogor tetap sehat dan tidak kekurangan makanan.

Nah, bagi traveler yang penasaran dengan harga tiket di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), tak ada perubahan. Harga tiketnya normal seperti biasa. Semenjak dibuka di era AKB, secara perlahan wisatawan mulai berdatangan ke Taman Safari. Kunjungan wisatawan ramai terutama saat weekend dan libur nasional.

Dunia Fantasi

Taman Impian Jaya Ancol sudah kembali membuka lokasi wisatanya. Nah, salah satu primadonya yakni Dufan. Yuk, seru-seruan bareng dengan protokol kesehatan.Dunia Fantasi kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Siapa anak yang tidak suka diajak bermain ke taman bermain seperti Dunia Fantasi (Dufan) Ancol. Dufan memiliki berbagai wahana wisata yang menarik, mulai dari wahana anak-anak seperti Istana Boneka, Turangga-rangga, Bom Bom Car, hingga wahana ekstrem seperti Halilintar, Tornado, Kora-kora, dan Kicir-kicir.

Di awal pandemi, Dufan sempat ditutup untuk mengurangi risiko penyebaran virus Corona. Saat itu, pihak Dufan melakukan beberapa pembenahan dan mempersiapkan destinasi untuk menyambut era AKB. Kini Dufan sudah kembali dibuka tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sama seperti destinasi sebelumnya, setiap pengunjung akan dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan wajib mematuhi protokol kesehatan di tempat wisata seperti mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak.

Agar aturan tersebut dapat terlaksana, pihak Dufan bahkan mengharuskan pengunjung untuk membeli tiket secara online dan membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50% dari kapasitas normal.

Sea World

Sejumlah persiapan terkait penerapan protokol kesehatan dilakukan di tempat wisata Ancol jelang kembali dibuka di masa new normal. Seperti apa persiapannya?Petugas rutin menyemprot area wisata Sea World dengan disinfektan (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Jika ingin berkenalan dengan satwa air, Sea World Ancol jadi pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa melihat dan mempelajari ribuan biota laut maupun biota air tawar. Kamu juga bisa menyaksikan ikan-ikan berenang dari terowongan bawah air. Serunya lagi kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa di area kolam sentuh.

Sama dengan Dufan yang berada di kawasan Ancol, seluruh pengunjung yang datang harus membeli tiket secara online. Penerapan protokol kesehatan pun harus dilakukan secara ketat.

Selain itu, pihak Sea world juga rutin menyemprotkan cairan disinfektan hingga menyediakan prasarana seperti tempat cuci tangan serta penyediaan hand sanitizer yang dapat digunakan pengunjung secara gratis.

Penerapan physical distancing atau jaga jarak pun turut dilakukan. Salah satunya dengan mengurangi jumlah pengunjung yang hendak berwisata di kawasan Ancol.

Puncak Bogor

Pilihan liburan seru lainnya bagi keluarga yaitu staycation di Puncak Bogor. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta membuat Puncak Bogor menjadi salah satu tujuan wisata saat akhir pekan bagi warga Jakarta.

Namun, jika kamu ingin berlibur dengan kondisi yang cukup kondusif, kamu bisa memilih hari biasa untuk staycation bersama keluarga di villa-villa yang banyak tersedia di sana.

Ada banyak rekomendasi villa atau penginapan yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Rekomendasi tempat itu bisa kamu temukan di berbagai platform e-commerce yang menyediakan berbagai layanan pemesanan tiket hingga hotel atau penginapan.

Dengan melakukan staycation di Puncak Bogor, kamu bisa merasakan udara yang lebih sejuk dan segar. Kamu juga tetap bisa tetap stand by jika sewaktu-waktu ada pekerjaan yang datang dari kantor. Jarak yang cukup dekat juga membuat perjalanan tidak begitu terasa melelahkan.

Nah, itu dia rekomendasi tempat wisata dekat Jakarta yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburan atau sekadar me-refresh diri bersama keluarga. Saat nanti berkunjung ke tempat-tempat wisata, jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di destinasi wisata. Selalu gunakan masker, jaga jarak minimal 1 meter dengan orang di sekitar, dan rutin cuci tangan dengan sabun di air mengalir atau gunakan hand sanitizer.

Nggak perlu jauh-jauh kan untuk mendapatkan momen liburan seru. Cukup #DiIndonesiaAja ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu coba. Jadi nggak sabar liburan keliling Indonesia setelah pandemi selesai kan?



Simak Video "Catat! Siapkan Hal Ini Sebelum Berkunjung ke Dufan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA