Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Nov 2020 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Ngevlog di Lawang Sewu Bayar Jutaan per Jam, Pengelola Minta Maaf

Lawang Sewu
Ilustrasi Lawang Sewu di Semarang (Alifah Melinda/d'Traveler)
Semarang -

Video dari akun Youtuber Kirandika Channel viral karena membahas biaya pengambilan video di Lawang Sewu Semarang lebih dari Rp 3 juta per jam. Pihak pengelola meminta maaf Terkait kesalahpahaman itu.

Pemilik Kirandika Channel membagikan pengalamannya itu lewat video berjudul, "NGEVLOG DI LAWANG SEWU HARUS BAYAR JUTAAN RUPIAH/JAM". Dalam video itu ia juga sempat merekam percakapan dirinya dengan satpam Lawang Sewu yang memberitahunya kalau harus menghubungi manajemen dan membayar lebih dari Rp 3,5 juta.

"Ada biayanya, sekitar 3,5 juta lebih (per jam) ," kata Satpam yang direkam diam-diam itu dalam video. "Waduh lah kita aja baru bikin youtube, udah bayar segitu. Soalnya orang juga ngga bilang, cuman bayar guide," jawab pemilik akun YouTube itu.

Percakapan keduanya pun berlangsung membahas itu dan Kirandika Channel juga sempat mengatakan permintaan maaf atas ketidaktahuannya. Karena penasaran, ia bahkan bertanya kepada satpam lain dan mendapat jawaban sama.

Di akhir video, ia mengeluhkan soal kebijakan yang diberitahukan oleh satpam Lawang Sewu. Ia menanyakan apakah hal itu resmi? Jika resmi ia berharap agar biayanya tidak terlalu mahal.

"Tolong dikaji ulang, jangan semahal itu," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono menyampaikan permohonan maaf terkait kesalahpahaman akibat penyampaian petugas di lokasi. Ia menjelaskan untuk pengambilan vlog menggunakan alat terbatas seperti ponsel, kamera, dan handycam masih diperbolehkan.

"Pengelolaan minta maaf karena ini kemungkinan karena ketidaktahuan petugas. Vlog tidak apa-apa kalau pakai handycam, handphone, atau GoPro," kata Totok saat dihubungi detikTravel, Sabtu (14/11/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA