Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Nov 2020 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bikin Nostalgia, Ada Peragaan Busana Jadul di Bandung

Siti Fatimah
detikTravel
Uniknya Peragaan Busana Tempo Doeloe di Bangunan Heritage Bandung
Foto: Siti Fatimah/detikcom
Bandung -

Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, masyarakat bisa mulai berkreasi kembali, salah satunya dengan mengadakan peragaan busana (fashion show) mini.

Uniknya, di peragaan busana yang ada di Bandung ini tidak menggunakan model profesional melainkan masyarakat setempat yang tinggal di daerah Dago, Kota Bandung.

Peragaan busana tersebut terselenggara di sebuah bangunan bersejarah yang kini digunakan sebagai restoran, yaitu Herbal House by The Lodge di Jalan Ir. Djuanda, Dago. Dari mulai tempat yang berarsitektur art deco ditambah dengan jenis busana khas tempo dulu seolah-olah membawa kembali ke masa Dago di zaman dahulu.

Bangunan heritage Herbal House sendiri sudah ada sejak tahun 1930-an. Awalnya dimiliki oleh seorang profesor ITB asal Belanda.

Setelah wafat Sang Isteri menjual bangunan tersebut tetapi dengan syarat tidak merubah bentuk dan arsitektur bangunan tersebut. Kini tempat tersebut masih menyimpan dan merawat rumah itu tanpa ada perubahan sedikit pun.

Kembali ke peragaan busana, penggunaan warna yang serasi dan aksen outerwear memberikan sentuhan lain dari peragaan busana yang memadukan budaya dulu setelah diadaptasi dengan budaya modern. CEO The Lodge Group Heni Smith mengatakan, peragaan busana ini merupakan rangkaian kegiatan 'Dago Baheula' untuk mengenang dan mempertahankan bangunan serta budaya khas Eropa di Bandung.

"Sebetulnya yang unik dari fashion show ini para modelnya ya dari tetangga jadoel itu. Sama pemilik-pemilik yang rumahnya dipamerkan itu. Kenapa ini menjadi sesuatu yang unik karena become a model tidak mesti jadi model juga, tapi siapapun bisa tetap berkarya. Ini salah satu modelnya RW (rukun warga) setempat," tutur Heni kepada detikTravel di lokasi, Jumat (15/11/2020).

Uniknya Peragaan Busana Tempo Doeloe di Bangunan Heritage Bandung Foto: Siti Fatimah/detikcom

Lebih lanjut, dalam pameran busana ini tidak hanya menampilkan keindahan pakaiannya saja tetapi juga punya nilai budaya dan memamerkan karya seni. "Kainnya itu kan dari Indonesia semua. Ada yang dari tenun, batik dan kemudian di-simple-kan dibentuk dalam baju, itu kan membentuk budaya," ujarnya.

Selanjutnya, jalannya acara peragaan busana>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kegiatan Unik Napi Wanita Semarang, Peragaan Busana"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA