Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Nov 2020 17:03 WIB

TRAVEL NEWS

8 Protokol Kesehatan Saat Terbang Naik Citilink

Putu Intan
detikTravel
Jakarta -

Traveler yang ingin bepergian menggunakan maskapai Citilink tak perlu ragu. Maskapai ini menerapkan protokol kesehatan yang dapat mencegah penumpang terpapar Corona.

Seiring dengan dilonggarkannya pembatasan perjalanan domestik, Citilink juga kembali beroperasi melayani penerbangan ke beberapa daerah di Indonesia. Sampai sejauh ini, hampir 90 persen rute penerbangan sudah dioperasikan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Berikut 8 protokol kesehatan di pesawat terbang Citilink:

1. Pembatasan kapasitas

Menjaga jarak merupakan salah satu cara mencegah penyebaran Corona. Hal itu diterapkan Citilink dengan memberlakukan pengosongan kursi tengah.

Dengan kebijakan ini, kapasitas pesawat otomatis berkurang. Untuk pesawat Airbus A320 yang seharusnya dapat mengangkut 180 penumpang, saat ini hanya diisi maksimal 120 orang.

2. Rapid tes gratis

Citilink juga menyediakan fasilitas rapid tes bagi para penumpangnya. Dengan membeli tiket Citilink, penumpang berhak mendapatkan rapid tes gratis di klinik yang telah bekerja sama dengan maskapai tersebut.

Ini akan mempermudah traveler mendapatkan surat bebas Corona sebelum terbang dan juga memastikan semua penumpang yang terbang dengan Citilink bebas dari virus tersebut.

3. Check-in secara online

Nah, untuk mencegah kontak berlebihan dengan petugas dan penumpang lainnya, Citilink memfasilitasi check-in mandiri secara online melalui aplikasi atau situs https://www.citilink.co.id/early-web-check-in.

Setelah mengisinya, penumpang tak perlu lagi mengantre di konter check-in, kecuali jika ingin memasukkan bawaan ke dalam bagasi pesawat.

Melalui check-in online ini, penumpang akan mendapatkan kode boarding untuk kemudian dipindai dengan alat otomatis sebelum masuk ke pesawat.

4. Wajib memakai masker di dalam pesawat

Protokol kesehatan lainnya yang harus ditaati penumpang adalah menggunakan masker selama penerbangan. Tak cuma penumpang, awak kabin dan pilot juga mengenakan masker dan sarung tangan untuk menjaga mereka tetap higienis selama berinteraksi dengan penumpang.

5. Membaca majalah dan memesan makanan melalui aplikasi

Untuk mencegah penyebaran Corona melalui sentuhan dan droplet, Citilink juga memberlakukan kebijakan untuk tidak menyediakan majalah dan memesan makanan langsung kepada awak kabin.

Jika ingin membaca, penumpang dapat mengakses majalah melalui aplikasi. Begitupun dengan pemesanan makanan. Selain itu, dalam penyajian makanan, awak kabin juga tetap menjaga higienitas makanan termasuk nampan yang digunakan.

Selanjutnya: HEPA filter dalam pesawat

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA