Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 17:16 WIB

TRAVEL NEWS

Aturan Penumpang Hamil Kalau Ingin Naik Pesawat

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Seorang penumpang pesawat Lion Air tujuan Jayapura-Makassar melahirkan di dalam pesawat. Proses kelahiran berlangsung lancar dengan dibantu seorang dokter.
Petugas membantu penumpang yang melahirkan dalam pesawat Foto: dok. Lion Air
Jakarta -

Seorang penumpang pesawat Lion Air tujuan Jayapura-Makassar melahirkan dalam pesawat. Sebenarnya bagaimana aturan penumpang hamil yang mau naik pesawat?

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, yang penumpang pesawatnya baru saja melahirkan dalam pesawat di Ambon, mengatakan regulasi dari Lion Air Group menerapkan ketentuan bagi ibu hamil.

Untuk ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 28 minggu wajib menyertakan surat keterangan medis untuk ikut dalam penerbangan.

"Di usia kehamilan 36 minggu sudah tidak diperbolehkan terbang menggunakan pesawat terbang," ujarnya.

Kondisi kesehatan pada umumnya tidak memerlukan surat izin medis. Namun untuk beberapa keadaan tertentu mewajibkan setiap penumpang mempunyai surat izin medis sebelum penerbangan.

"Lion Air berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Lion Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional," ujarnya.

Sebelumnya seorang ibu bernama Anastasia Geavani melahirkan di udara pada Selasa (17/11/2020) dalam penerbangan nomor JT-797 rute dari Bandar Udara Internasional Sentai, Jayapura, Papua (DJJ) tujuan Makassar melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG). Anastasia memiliki tiket perjalanan Merauke-Jayapura-Makassar-Jakarta.

Proses kelahiran dibantu oleh awak kabin dan dokter yang kebetulan ikut menumpang di pesawat. Proses persalinan (melahirkan) penumpang termasuk penanganannya tersebut berjalan normal, dan dilakukan di kursi pesawat bagian belakang.

"Ibu dan anak dalam keadaan sehat serta selamat," ujar Danang.



Simak Video "Pesawat Jatuh di Permukiman California, Pilotnya Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA