Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 20:38 WIB

TRAVEL NEWS

Orca Diduga Jadi Biang Musnahnya Hiu Putih

Femi Diah
detikTravel
A pod of orcas, including a juvenile, swim beneath us in the warm waters of the Solomon Islands.
Orca diduga jadi biang musnahnya hiu putih. (Getty Images/Michael Zeigler)
Johannesburg -

Orca atau paus pembunuh diduga menjadi biang hilangnya hiu putih besar di lepas pantai Cape Town selama beberapa tahun terakhir. Kok bisa?

Dikutip dari AFP, Rabu (18/11/2020) hiu putih besar sudah tidak pernah tampak lagi di pesisir Teluk Palsu dan Gansbaai di Afrika selatan. Sebelum muncul dugaan fenomena itu akibat perburuan ilegal dan penangkapan ikan berlebihan.

Tetapi hasil studi yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari sembilan ahli lokal dan internasional yang ditunjuk pemerintah menunjukkan bahwa orca bisa menjadi biang keladinya. Salah satu indikatornya adalah muncul sepasang paus pembunuh pertama kali terlihat di daerah itu pada 2015.

Para peneliti mengatakan mereka "menemukan beberapa bukti untuk hubungan kausatif antara kemunculan kawanan orca yang berspesialisasi memangsa hiu putih".

Jumlah hiu putih besar di kawasan tersebut memang tidak diketahui secara pasti, tetapi pernah dilaporkan jumlahnya mengalami penurunan tajam pada tahun 2017 dan tidak muncul lagi dalam tempo yang cukup lama.

Sisa-sisa lima hiu putih besar yang dibunuh oleh orca ditemukan di daerah Gansbaai pada tahun 2017.

Ahli biologi kelautan dan salah satu peneliti, Alison Kock, dalam presentasi laporan yang diterbitkan oleh pemerintah Afrika Selatan menyebut hiu lain yang terbunuh dengan cara serupa ditemukan di pantai tahun ini. Bisa jadi mungkin ada lebih banyak lagi hiu yang mati di sana.

"Setiap kali hal ini terjadi, selalu ada penurunan dan celah dalam pengamatan hiu putih," kata Kock.

Kock menambahkan timnya mengakui bahwa mereka belum mengantongi semua jawaban.

Hiu putih besar adalah daya tarik wisata besar di Afrika Selatan. Biasanya, wisatawan menyaksikan hiu putih dari perahu atau melalui sangkar yang diturunkan ke dalam air.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA