Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 20:07 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Liburan ke Raja Ampat? Ini 10 Protokol Kesehatannya

Bonauli
detikTravel
Misool
Danau Cinta di Misool (Ryan Febrian/d'Traveler)
Raja Ampat -

Raja Ampat mulai membuka diri buat wisatawan. Seperti halnya destinasi wisata lain, Raja Ampat punya protokol khusus.

Traveler yang kangen Raja Ampat sudah bisa liburan ke sana. Mengadaptasi era new normal, Raja Ampat menerapkan 10 protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

"Kami sudah menyusun prokes di era new normal yaitu 10 regulasi sehingga wisatawan bisa ke sini dan membangkitkan usaha di Raja Ampat," ujar Yusdi Lamatenggo, Kadispar Raja Ampat dalam Webinar Festival Bahari Raja Ampat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi online di www.newnormal-rajaampat.com. Setelah registrasi ulang, traveler akan mendapatkan barcode yang harus dicetak dan dibawa selama perjalanan.

"Registrasi online berguna untuk mengecek kesehatan dan daftar perjalanan wisatawan. Jadi kita mudah untuk trackingnya," jelasnya.

New normal Raja AmpatNew normal Raja Ampat Foto: (Situs Raja Ampat)

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan surat keterangan bebas Covid-19 dan HAC. Setelah itu, traveler harus menyiapkan personal Health Kit.

"Kemudian wisatawan harus memiliki asuransi terutama asuransi kecelakaan," jelasnya.

Tahap persiapan menuju Raja Ampat memang agak lebih banyak dibandingkan destinasi wisata lain. Hal ini berkaitan dengan status Raja Ampat sebagai area konservasi Indonesia. Syarat selanjutnya adalah memesan pemandu wisata.

"Jika ingin liburan ke sini wisatawan harus didampingi guide resmi dari Raja Ampat. Ada HPI di sini dan sudah mendapatkan pelatihan. Jangan salah memilih guide," tegasnya.

Kalau sudah semua, traveler bisa naik pesawat dengan protokol kesehatan. Oh iya, traveler hanya bisa terbang sampai Sorong dan melanjutkannya dengan perjalanan laut.

Ada 3 check point menuju Raja Ampat, yaitu Pelabuhan Falaya di Waisai, Pelabuhan Yellu di Pulau Misool dan Bandara Marindi di Pulau Waigeo. Ini adalah 3 pintu masuk menuju Raja Ampat.

"Dari sini wisatawan akan kembali dicek lewat barcode yang sudah diberikan saat registrasi online," terangnya.

Setelah itu, traveler bisa bebas liburan ke destinasi pilihan di Raja Ampat.

"Yang terakhir itu setelah proses check out. Kita ada permintaan mengisi tingkat kepuasan di Raja Ampat. Bagaimana pelayanan di Raja Ampat, keadaan new normal, butuh feed back, bagaimana kekurangan kami dan langkah-langkah untuk perubahan," tandasnya.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA