Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Nov 2020 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Lagi Bersihkan Selokan, Petugas Temukan Patung Dewa Hermes

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Patung Dewa Hermes ditemukan saat pembersihan selokan
Foto: Patung dewa Hermes ditemukan di Yunani (AP)
Athena -

Saat sedang melakukan pekerjaan rutin sebuah selokan di Athena, petugas tiba-tiba menemukan patung dewa Hermes. Usia patung ini diperkirakan sudah ribuan tahun.

Pekan lalu, tepatnya pada Jumat (13/11) petugas yang sedang melakukan pekerjaan pembersihan rutin gorong-gorong di Athena, Yunani, dikejutkan dengan penemuan artefak berharga. Penemuan itu berupa kepala patung dewa Hermes.

Dilansir detikTravel dari AP, Jumat (20/11/2020), patung dewa Hermes itu ditemukan di sebuah saluran pembuangan air kota Athena, tepatnya di bawah Agia Irini-St Irene Square. Potongan kepala patung Hermes itu ditemukan terkubur sekitar 1 meteran di dalam tanah.

Saat ditemukan, patung itu dalam kondisi baik. Diperkirakan patung dewa Hermes itu berasal dari zaman 300 Tahun Sebelum Masehi. Itu artinya usia patung dewa Hermes ini sudah mencapai ribuan tahun.

Patung dewa Hermes itu pun langsung diamankan, kemudian diserahkan kepada otoritas terkait, dalam hal ini Athens Ephorate Antiquities, sebuah agensi yang berada di bawah Kementerian Kebudayaan Yunani.

Patung Dewa Hermes ditemukan saat pembersihan selokanPatung Dewa Hermes ditemukan saat pembersihan selokan Foto: AP

Valentina Di Liscia, salah satu ahli memperkirakan patung dewa Hermes itu dibuat dengan gaya Alcamenes, salah seorang pematung terkenal Yunani. Salah satu karyanya, Hermes Propyleaus yang berdiri di pintu masuk Acropolis, banyak menginspirasi pematung lain untuk meniru gayanya saat membuat patung.

Menurut mitologi Yunani, Hermes memiliki banyak peranan. Beberapa kalangan memujanya sebagai dewa Kesuburan, sebagian lain menganggap Hermes sebagai pembawa pesan dari Tuhan.

Namun ada juga yang menganggap Hermes sebagai dewa pelindung bagi para pedagang dan musafir, membuat dewa Hermes banyak dipuja di kalangan masyarakat dimana perampok dan bajak laut merajalela.



Simak Video "Jelang Aksi Demo, Lalu Lintas di Patung Kuda Masih Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA