Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Nov 2020 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Paket Wisata Religi ke Masjid Kuno di Cirebon Nih

Sudirman Wamad
detikTravel
Peluncurkan terobosan paket wisata religi Cirebon
Foto: (Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Kota Cirebon, Jawa Barat, memang salah satu destinasi favorit wisata religi. Kota Cirebon memiliki peninggalan masjid-masjid kuno bersejarah.

Pemkot Cirebon bersama At Taqwa Center, selaku pengelola Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon meluncurkan terobosan paket wisata religi berkeliling ke masjid kuno bersejarah, yakni Masjid Pejlahgrahan, Abang Panjunan, Pangeran Kejaksan, Pakungwati, dan Masjid Jagabayan. Lima masjid tersebut merupakan jejak bersejarah penyebaran Islam di tanah Jawa.

Ketua At Taqwa Center Ahmad Yani mengatakan wisatawan diajak keliling ke masjid bersejarah menggunakan bus wisata Citros (Cirebon tour on bus). Untuk saat ini paket wisata masjid kuno hanya dibuka setia hari Sabtu.

"Karena baru, jadi sekarang hanya hari Sabtu pukul 09.00 WIB. Kita mulai dari Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon dengan harga Rp 50 ribu per orang. Adanya paket wisata anyar ini, karena kita melihat fakta bahwa sepuluh tahun terakhir kunjungan jamaah ke Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon sangat luar biasa," kata Yani sesuai peluncuran paket wisata religi masjid kuno di Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (21/11/2020).

Peluncurkan terobosan paket wisata religi CirebonPeluncurkan terobosan paket wisata religi Cirebon Foto: (Sudirman Wamad/detikcom)

Menurut Yani, setiap harinya kunjungan di Masjid Raya At Taqwa mencapai 600 orang dari Senin hingga Kamis. Bahkan, lanjut Yani, saat akhir pekan bisa mencapai 1.000 orang.

"Kunjungan ini kebanyakan dari luar kota dan banyak juga jemaah yang bertanya tentang potensi wisata religi. Wisata religi ini interkoneksi antara agama Islam khususnya, budaya, dan potensi kuliner di Cirebon. Sehingga, ini akan saling menguatkan dan meningkatkan ekonomi di Kota Cirebon," kata Yani.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengapresiasi kinerja At Taqwa Center yang meluncurkan paket wisata religi. Eti yakin paket wisata tersebut bisa meningkatkan potensi wisata.

"Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon ini berdiri sejak tahun 1902 dan perjalananya cukup panjang. Dan, gagasan wisata religi masjid Kuno sangat luar biasa. Kami pemkot menunggu gagasan-gagasan lain, yang bisa memberikan efek sangat baik dalam pembangunan wisata-wisata religi," kata Eti.

"Wisata religi memang penting, harus terus kita up. Kegiatan ini sangat positif. Saya yakin bis membangkitkan pariwisata di Kota Cirebon," kata Eti menambahkan.



Simak Video "Pengeber Nasi Jamblang, Penjual Eceran Kuliner Khas Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA