Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Nov 2020 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Antisipasi Hujan Abu, 56 Stupa Candi Borobudur Ditutupi Terpaulin

Eko Susanto
detikTravel
56 stupa Candi Borobudur ditutupi terpaulin
Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Sebanyak 56 stupa Candi Borobudur sudah ditutupi dengan terpaulin. Hal ini dilakukan mengantisipasi terjadinya hujan abu dari erupsi Merapi.

Berdasarkan pantauan detikTravel hari ini, Selasa (24/11/2020), stupa Candi Borobudur yang sudah ditutupi terpaulin berada di lantai 8 dan 9. Untuk di lantai 8 ada 32 stupa, kemudian di lantai 9 ada 24 stupa candi. Untuk itu, totalnya yang sudah dengan ditutupi ada 56 stupa candi.

56 stupa Candi Borobudur ditutupi terpaulin56 stupa Candi Borobudur ditutupi terpaulin Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Selain itu, lorong di lantai 3, 4, 5 dan 6 juga sudah ditutupi dengan terpaulin yang warna beragam. Lorong yang ditutupi ini pada saat siang hari memantulkan sinar di dinding candi dengan warna berbeda.

Alasan penutupan di lorong ini karena terdapat saluran air atau drainase. Dikhawatirkan jika abu masuk di saluran air, untuk membersihkan semakin menyulitkan. Demikian di stupa candi itu, ada lubang-lubang jika abu masuk pembersihannya menyulitkan.

"Kita harus siap dalam segala hal untuk meminimalisasi dampak bahaya abu vulkanik terhadap candi. Salah satu yang terkena drainase dan pelapukan batunya. Selain mencegah pelapukan batu karena di bawah ada saluran drainase yang harus kita lindungi," kata Yudi Suhartono, Pamong Budaya Ahli Madya Balai Konservasi Borobudur (BKB) saat ditemui, Selasa (24/11/2020).

56 stupa Candi Borobudur ditutupi terpaulin56 stupa Candi Borobudur ditutupi terpaulin Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Penutupan stupa dan lorong dengan terpaulin, kata dia, belajar dari pengalaman Merapi 2010 dan Kelud 2014 yang meletus mengeluarkan abu vulkanik sampai Candi Borobudur.

"Kita belajar dari pengalaman Merapi 2010 dan Kelud 2014 dimana ketika meletus mengeluarkan abu vulkanik sampai Candi Borobudur. Pengalaman saat itu pH 3-4, itu asam. Ketika pH asam itu kena batu, dia akan mengalami kerusakan batu. Batu akan menjadi lapuk kalau dibiarkan terus menerus. Pengalaman itu yang membuat kita melaksanakan ini," kata Yudi.

56 stupa Candi Borobudur ditutupi terpaulin56 stupa Candi Borobudur ditutupi terpaulin Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Upaya penutupan ini dilakukan, kata dia, nantinya pembersihan akan memudahkan. Sedangkan saat erupsi Merapi 2010, pembersihan sulit sekali hingga membongkar batu lantai membersihkan drainase.

"Melindungi batu itu sehingga pembersihan lebih mudah. Pengalaman 2010 setengah mati kita membersihkannya. Membongkar batu lantai membersihkan drainase," pungkasnya.



Simak Video "Antisipasi Erupsi Merapi, Stupa Candi Borobudur Ditutup Terpaulin"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA