Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Nov 2020 21:04 WIB

TRAVEL NEWS

Tolong, Kelakuan 4 Pendaki Gunung Singgalang Ini Jangan Ditiru!

Gunung Singgalang
Gunung Singgalang (Foto: iStock)
Tanah Datar -

Empat oknum pendaki melakukan tidak patut ditiru saat mendaki di Gunung Singgalang. Mereka terekam memanjat satu pohon ikonik di Telaga Dewi dan memasang hammock di dahannya.

Perilaku mereka pun viral di media sosial. Dalam pantauan di akun Instagram marapi_singgalang, video singkat ini memperlihatkan pendaki yang menggoyang-goyangkan pohon, diduga agar temannya jatuh ke air.

"Hemmm... JANGAN DITIRU YA GUYSS!! Pohon ga salah apa2, tapi malah digituin, kalau patah gimana donk?? malahan pohon ini yg menjadi iconic dari telaga tersebut. Belum lagi kalau jatuh ke Telaganya," kata akun marapi_singgalang.

"Ayolah kita jaga alam ini, apa yang telah diciptakan, cukup kita jaga dan wariskan," imbuh akun itu.

Gunung Singgalang memang memiliki kesan magis karena hutannya yang terlihat tua. Telaga Dewi di area puncaknya, karena bekas kawah, jadi spot utama para pendaki untuk bersantai.

[Gambas:Instagram]

Redaksi detikTravel sudah menghubungi akun yang mengunggah kejadian ini namun belum ada tanggapan hingga berita ini diturunkan. Sepertinya memang ada aturan tak tertulis agar pendaki tak memanjat pohon-pohon yang sekiranya tidak terlalu besar dan kuat dipanjat beberapa orang.

Apa lagi pepohonan di Telaga Dewi memiliki nilai tersendiri. Bukan hanya cantik di foto, pepohonan yang ada di sana memang harus dilaksanakan.

Dalam catatan kami, kalau Gunung Semeru punya Ranu Kumbolo yang eksotis, Gunung Singgalang di Sumatera Barat punya Telaga Dewi. Keindahannya tak kalah lho.

Di Gunung Singgalang, Sumatera Barat terdapat sebuah danau yang berada di ketinggian 2.760 mdpl. Danau ini begitu tenang dan memikat hati siapapun yang memandangnya, namanya Telaga Dewi.

Butuh usaha dan mental yang kuat untuk menikmati keindahan Telaga Dewi ini karena jalur menuju ke sana tidaklah mudah. Untuk mencapai Telaga Dewi terdapat beberapa jalur, salah satu diantaranya adalah Jalur Pandai Sikek.

Setidaknya dibutuhkan waktu 7 jam pendakian untuk sampai ke Telaga Dewi. Biasanya para pendaki Gunung Singgalang akan mendirikan tenda di Cadas sebelum keesokan paginya melanjutkan perjalanan menuju Telaga Dewi.

Tapi banyak juga yang memilih Telaga Dewi sebagai tempat mendirikan tenda sekaligus beristirahat saat mendaki Gunung Singgalang.



Simak Video "Petugas Evakuasi Pendaki Meninggal Dunia di Gunung Bawakaraeng"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA