Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Nov 2020 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Toilet Terbaik di AS Harganya Rp 4,2 M, Apa Istimewanya?

Putu Intan
detikTravel
Toilet Terbaik di AS Harganya Rp 4,2 M, Apa Istimewanya?
Toilet terbaik di AS. (Foto: Cintas Corporation)
Colorado Springs -

Toilet umum di Colorado dinobatkan sebagai toilet terbaik di Amerika Serikat. Toilet ini dilengkapi teknologi canggih dengan harga fantastis.

Ajang penghargaan toilet terbaik bertajuk America's Best Restroom telah menentukan pemenangnya pada tahun 2020. Dalam gelaran yang ke-19 yang diadakan Cintas Corporation ini, toilet umum di Taman Bancroft, Colorado Springs, keluar sebagai pemenangnya.

Dilansir dari Fox News, toilet berteknologi tinggi ini mampu membersihkan sendiri setelah 30 kali penggunaan. Selain itu, toilet ini juga dilengkapi dengan kertas toilet otomatis tanpa sentuhan, dispenser sabun dan air, dan pengering tangan.

Canggihnya lagi, sebuah aplikasi akan memperingatkan pengawas pemeliharaan taman setiap kali persediaan perlengkapan di sana hampir habis.

"Kami sangat bangga memenangkan penghargaan ini sejak membuka toilet baru ini beberapa bulan yang lalu," kata Direktur Taman, Layanan Rekreasi, dan budaya Colorado Springs, Karen Palus.

"Jumlah pengakuan yang kami terima adalah bukti nilai yang diberikan orang-orang di toilet umum yang higienis dan berkesan," katanya.

Toilet ini sendiri mulai viral setelah seorang TikToker yakni Yeti Tears mengabadikan layanan toilet tersebut. Dimulai dari pintu toilet akan terbuka setelah pengunjung menekan tombol.

"Pintu terbuka seperti sesuatu dari Star Wars," ujarnya dalam video TikTok.

"Ini adalah seni yang canggih," katanya lagi.

Ketika memasuki toilet, pengunjung juga dapat melihat jumlah orang yang telah menggunakan toilet tersebut. Dalam video Tears, jumlah penggunanya adalah 7.800 orang hanya dalam dua minggu.

Selain itu, setiap orang juga hanya diperkenankan untuk menggunakan toilet selama maksimal 10 menit. Jika sudah 7 menit di dalam, akan ada alarm yang mengingatkan pengguna untuk segera menyelesaikan kegiatannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya vandalisme di toilet itu.

Untuk membangun toilet yang canggih dan renovasi taman, kota Colorado Springs menghabiskan dana USD 301.000 (sekitar Rp 4,28 miliar). Namun koordinator proyek, Steve Bodette, menjelaskan bahwa berbagai fungsi otomatis di toilet itu justru akan menghemat biaya dalam jangka waktu lama.



Simak Video "Unik! Ada Toilet 'Transparan' di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA