Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Nov 2020 13:08 WIB

TRAVEL NEWS

Hobi Gowes? Coba 5 Tempat yang Asyik Dinikmati dengan Bersepeda

Abu Ubaidillah
detikTravel
bersepeda
Foto: shutterstock
Jakarta -

Bersepeda saat ini menjadi kegiatan yang semakin digemari masyarakat di tengah pandemi Corona. Ada yang bersepeda sebagai moda transportasi, ada pula yang bersepeda untuk berolahraga.

Kegiatan bersepeda rutin bisa meningkatkan peredaran darah, mengatasi nyeri sendi, hingga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam jumlah yang signifikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, bersepeda dianjurkan setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Anda tak perlu bingung mencari tempat yang asyik untuk bersepeda, sebab ada banyak tempat #DiIndonesiaAja yang asyik untuk melakukan aktivitas ini. Berikut adalah daftarnya.

1. Jepara

bersepedaSetelah lelah bersepeda, beristirahat sembari menikmati pantai utara di Jepara/Foto: Shutterstock

Jauh sebelum olahraga sepeda kembali tren di masa pandemi, Jepara sudah menjadi kota yang ramah untuk berolahraga sepeda. Alasan pertama yaitu kotanya yang belum terlalu ramai seperti kota-kota besar lainnya membuat Jepara sangat cocok untuk bersepeda.

Kedua, pemerintah daerah setempat pun mendukung pembangunan fasilitas bagi para pegowes. Maka tak heran jika setiap tahun, banyak komunitas sepeda yang mengadakan acara touring tahunan seperti acara Srikandi Inspirasi Bagi Negeri di kota yang berada di utara Pulau Jawa ini.

Untuk track gowes, traveler bisa mencoba bersepeda menuju pantai-pantai cantik yang banyak terdapat di Jepara. Ada Pantai Bandengan, Pantai Pungkruk, Pantai Blebak, dan beberapa pantai lainnya. Lelahnya berolahraga sepeda akan terbayar dengan melihat keindahan pantai-pantai yang ada di Bumi Kartini ini.

2. Yogyakarta

bersepedaBersepeda di Yogyakarta Foto: shutterstock

Tak kalah dengan ibu kota, Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki banyak rute bersepeda untuk para pegowes. Bahkan traveler akan semakin dimanjakan dengan hadirnya aplikasi Jogja Smart Service (JSS) di menu Gowes Kota Yogyakarta untuk mengetahui rute-rute bersepeda.

Salah satu rutenya adalah rute bertema Romansa Kota Lawas dengan jarak tempuh sekitar 12 kilometer. Rute ini dimulai dari depan kantor Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan berakhir di Bendung Lepen Giwangan. Sepanjang jalan, wisatawan bisa berolahraga menaiki sepeda sambil menikmati suasana warisan Kotabaru yang dipenuhi bangunan bergaya Indis, Masjid Perak Kotagede, Taman Gajah Wong, Lapangan Karang, dan lain-lain.

Kemudian ada juga rute Titik Jeron Beteng yang tak kalah cocok untuk bersepeda. Rute sepanjang 8,8 kilometer ini bermula dari Pasar Pakuncen dan berakhir di Plaza Pasar Ngasem. Selain berolahraga wisatawan juga akan disuguhi situs Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Alun-alun Yogyakarta, dan Sungai Winongo yang memanjakan mata.

3. Danau Toba

bersepedaBersepeda di Danau Toba. Foto: shutterstock

Di Danau Toba Anda bisa bersepeda berkeliling Pulau Samosir. Dengan hamparan perbukitan yang hijau dan udara yang sejuk, pasti kegiatan ini akan membuat Anda dapat melepas penat setelah menjalani serangkaian kesibukan di perkotaan.

Spot ini bahkan kerap dijadikan venue untuk menggelar acara bersepeda, salah satunya adalah acara Geobike Kaldera Toba ke-6 di Geosite Sipinsur, Humbahas. Acara yang diselenggarakan di masa pandemi ini mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Peserta yang hadir di acara Geobike Kaldera Toba ke-6 ini dibatasi dan semua orang yang terlibat di dalamnya wajib mengenakan masker sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

4. Bukittinggi

Kota Bukittinggi yang berbukit memiliki banyak pemandangan indah untuk dijelajahi. Bagi pesepeda, yang paling wajib dikunjungi adalah Ngarai Sianok, sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh tebing dan aliran air.

Di tengah kegiatan bersepeda, wisatawan bisa mendaki dua gunung di Bukittinggi, Gunung Singgalang dan Marapi. Kedua gunung ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Namun bila ingin bersepeda di Gunung Marapi pastikan mendapat izin untuk mencoba trek di jalur pendakian Gunung Marapi. Sementara itu, di Gunung Singgalang jalur pendakiannya tidak pas untuk bersepeda.

5. Kintamani

bersepedabersepeda Foto: shutterstock

Bersepeda menikmati jalur pedesaan yang asri sangat menyenangkan dan Anda bisa menemukannya di Kintamani, Bali. Sepanjang jalur bersepeda dari Kintamani ke Ubud, Anda akan disuguhi area persawahan hijau lengkap dengan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Tak hanya pemandangan yang indah, Kintamani juga menawarkan udara yang sejuk khas pegunungan. Bila dihirup rasanya benar-benar menyegarkan, memenuhi seluruh paru-paru. Wisatawan juga akan melewati pemukiman warga yang memiliki bangunan suci sejenis pura di setiap terasnya.

Ketika lapar di tengah jalan, Anda pun bisa menikmati berbagai hidangan khas warga setempat yang ditawarkan di restoran-restoran pinggir jalan. Mulai dari nasi lengkap dengan lauk pauk, mi goreng, hingga pisang goreng tersaji di sana.

Itulah sejumlah destinasi wisata yang asyik untuk bersepeda #DiIndonesiaAja. Jadi, sudah siap bersepeda bersama keluarga, kawan, atau rekan kerja?

Ketika bersepeda, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environmental sustainability (kelestarian lingkungan) atau biasa disebut CHSE agar kegiatan bersepeda tetap nyaman, ya!

(mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA