Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Des 2020 05:23 WIB

TRAVEL NEWS

Viral! Pendaki Disambut Bunyi Gamelan di Gunung Mananggel, Cianjur

Gunung di Cianjur, Jawa Barat.
Gunung Mananggel di Cianjur (Facebook)
Cianjur -

Baru-baru ini dunia maya kembali dihebohkan akan video TikTok pendaki yang cukup ganjil. Diketahui, ia mendengar bunyi gamelan di Gunung Mananggel seperti di KKN Desa Penari.

Mungkin traveler masih ingat akan kisah mistis KKN Desa Penari di Jawa Timur yang viral beberapa waktu lalu. Namun, kisah mistis serupa juga dialami oleh seorang pendaki bernama Raka.

Dilihat detikTravel dari video di akun TikToknya @thx.rk, Rabu (2/2/2020), Raka merekam suara gamelan kala ia berada di puncak Gunung Mananggel di Cianjur, Jawa Barat.

"Ada yang tau suara apa? Sumpah ini seram banget. Ini gua lagi di puncak Gunung Mananggel dan ini masuk maghrib. Gedein aja volumenya biar kedengaran, nggak ada jump scare-nya kok," keterangan di video tersebut.

Yang membuat traveler makin penasaran, bunyi itu terdengar ketika maghrib datang. Suara itu makin terdengar jelas apabila volume suaranya dibesarkan.

Dijelaskan oleh Raka, suara gamelan itu direkamnya kala ia tengah berada di puncak Gunung Mananggel. Suara itu disebutnya sempat membuat dirinya dan teman-temannya takut.

Untuk informasi, Gunung Mananggel memiliki ketinggian sekitar 836 Mdpl dan tak setinggi gunung lainnya di Pulau Jawa. Namun, dari puncaknya traveler bisa melihat panorama Kota Cianjur hingga Gunung Gede dari kejauhan. Sesuatu yang dicari oleh para pendaki.

Lebih lanjut, Gunung Mananggel memang erat kaitannya dengan cerita Prabu Sanghyang Tapak. Konon, kisah itu diperkuat akan keberadaan batu yang memiliki tapak kaki layaknya di situs-situs bersejarah.

Dari pusat Kota Cianjur, jarak menuju Gunung Mananggel juga cukup dekat. Tak sedikit juga masyarakat yang menyebutnya sebagai bukit akibat tingginya yang cenderung rendah.

@thx.rk

Ada yang tau suara apa?

♬ Oh No - Kreepa
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
DMentor
×
The Right Man In The Right Place Dalam Bisnis
'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis Selengkapnya